Gadget

5 Fakta yang Terungkap di Apple Event, Ada Chip Baru M1 Pro dan M1 Max

  • 19 October 2021
  • Bagikan :
    5 Fakta yang Terungkap di Apple Event, Ada Chip Baru M1 Pro dan M1 Max

    Foto: Apple Event/Dok. Apple

    Uzone.id - Apple sukses menggelar acara ‘Unleashed’ mereka pada Selasa, 19 Oktober dini hari yang dilakukan secara virtual melalui channel YouTube resmi mereka.

    Dalam acara ini, Apple mengumumkan beberapa produk baru yang telah diharapkan banyak penggemar, salah satu yang ditunggu-tunggu adalah perangkat MacBook Pro baru yang dirilis dengan chipset terbaru mereka.

    Selain itu, Apple juga mendebutkan produk lainnya seperti AirPods 3 dan paket baru Apple Music Voice.

    Berikut 5 pengumuman yang diungkap Apple dalam acara Apple Event edisi 18 Oktober 2021.

    Dua MacBook Pro dengan desain lebih segar

    Apple mendebutkan satu set MacBook Pros terbaru yang tersedia dalam dua ukuran yaitu 14 inci dan 16 inci dalam Apple Event edisi kali ini.

    Mendengarkan keluhan para penggemar, Apple akhirnya menyingkirkan Touch Bar, dan diganti dengan satu baris keyboard function keys.

    Baca juga: Apple Rilis MacBook Pro Baru, Pakai Chip M1 Pro dan M1 Max

    Apple juga mengembalikan port-port yang sempat hilang, termasuk port HDMI, tiga port thunderbolt, slot kartu SD, headphone jack, dan kembalinya pengisi daya MagSafe.

    MacBook Pro juga hadir dengan konsep notch untuk kameranya, dengan kualitas kamera sebesar 1080p untuk meningkatkan pengalaman saat FaceTime.

    Untuk harganya, Apple menjual MacBook Pro 14,2 inci mulai dari USD1.999 atau sekitar Rp28,2 jutaan. Dan untuk MacBook Pro ukuran 16,2 inci, Apple membanderolnya mulai dari USD2.499 atau setara Rp35,3 jutaan.

    Dua Custom Chip baru, M1 Pro dan M1 Max

    Hadirnya MacBook Pro baru pada acara Apple Event ini dibarengi juga dengan kehadiran anggota chip M1 baru, yaitu M1 Pro dan M1 Max.

    Chip ini digadang-gadang memiliki performa terbaik di industri laptop dunia saat ini. Prosesor M1 Pro memiliki kecepatan 3x lipat dari M1 yang telah ada, mencapai 200MB per detik untuk memory bandwidthnya. Sedangkan untuk M1 Max, Apple mengusung kecepatan 400MB per detik untuk memory bandwidthnya.

    Kedua chip ini tampak lebih beefy alias gemuk karena Apple mengatakan jika M1 Pro memiliki lebih dari 33 miliar transistor dan Max memiliki 57 miliar transistor.

    Hadirnya teknologi LED Mini, ProMotion dan kembalinya MagSafe di MacBook Pro 

    MacBook Pro baru menghadirkan teknologi kecepatan refresh adaptif milik Apple, ProMotion, dengan kecepatan refresh mencapai 120Hz. Layarnya juga diterangi oleh LED Mini, mirip iPad Pro 2021 12,9 inci.

    Apple juga mengembalikan pengisi daya kesayangan mereka, Magsafe, pada MacBook Pro baru. Pengisi daya ini disebut dengan MagSafe 3 dengan kemampuan pengisian daya hingga 50 persen dalam 30 menit.

    Debutkan AirPods generasi ketiga dengan audio spasial

    Acara Apple Event juga menjadi debut pertama generasi terbaru dari AirPods dengan nama AirPods 3. Desainnya mirip dengan AirPods Pro namun bedanya, AirPods ini tak memiliki tip yang bisa dipertukarkan.

    AirPods 3 memiliki dukungan audio spasial yang akan meningkatkan pengalaman audio pengguna, perangkat ini juga tahan akan keringat dan air. 

    Baca juga: Akhirnya Dirilis, Fitur hingga Harga Airpods 3

    Apple juga menyematkan dukungan pengisian daya MagSafe yang akan memberi kenyamanan bagi para penggunanya. Untuk daya baterainya, AirPods 3 bisa digunakan selama 6 jam untuk pemakaian dan pengisian daya normal. Untuk pengisian dari case, AirPods 3 bisa bertahan hingga 30 jam.

    AirPods generasi ketiga ini akan tersedia mulai pekan depan dengan harga USD179 atau sekitar Rp2,5 jutaan.

    Warna baru pada HomePod Mini dan paket terbaru Apple Music Voice

    Apple memperkenalkan 3 warna baru untuk perangkat HomePod Mini mereka, yaitu warna kuning, oranye, dan biru. Apple membanderol perangkat speaker pintar ini dengan harga USD99 atau setara Rp1,3 jutaan.

    Selain itu, Apple juga meluncurkan Apple Music Voice Plan baru yang memungkinkan pengguna mengakses Apple Music hanya dengan memberi perintah pada Siri. 

    Untuk harga langganannya, pengguna hanya perlu membayar sebesar USD4,99 atau sekitar Rp70 ribuan setiap bulannya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini