Gadget

5 Fitur Baru yang Bikin iOS 15 Wajib Dipasang

  • 21 September 2021
  • Bagikan :
    5 Fitur Baru yang Bikin iOS 15 Wajib Dipasang

    Ilustrasi Foto: David/Unsplash

    Uzone.id - Apple secara resmi telah merilis iOS 15 untuk semua pengguna iPhone pada hari Senin, (20/09/2021).

    Pembaruan perangkat lunak ini telah diumumkan pada acara WWDC bulan Juni lalu dan tersedia dalam versi beta. Dengan dirilisnya iPhone 13, iOS 15 akhirnya bisa diunduh oleh pengguna yang memiliki iPhone 6S atau yang lebih baru.

    iOS terbaru dari Apple ini menawarkan berbagai fitur baru dengan tampilan yang lebih segar. Berikut lima fitur favorit iOS 15 yang bakal bikin kalian tertarik untuk memasang sistem operasi terbaru Apple ini.

    Fitur SharePlay di FaceTime

    Berbagi layar di FaceTime akan semakin mudah dengan iOS 15. Dengan fitur SharePlay, pengguna bisa berbagi apa saja yang mereka tonton dan mainkan di perangkat mereka ke pengguna lain. 

    Baca juga: Begini Cara Download iOS 15 dan iPadOS 15

    Fitur ini bisa bekerja di aplikasi-aplikasi Apple seperti Apple Music dan Apple TV atau platform lainnya seperti TikTok, HBO Max, Disney Plus, Paramount Plus, dan Twitch. Sayangnya, Netflix dan YouTube belum kompatibel pada fitur ini.

    Suara Background

    Fitur ini diciptakan Apple dalam upaya ‘menutupi kebisingan lingkungan atau suara eksternal yang tidak diinginkan dan membantu pengguna fokus, tenang, dan rehat.” 

    Dengan memasang iOS 15, Background akan memutar suara relaxing dan akan terus diputar saat ponsel dalam keadaan terkunci atau saat menggunakan aplikasi lain.

    Fitur ini cukup tersembunyi, kalian tinggal menambahkan fitur ini ke Control Center jika ingin menggunakannya dengan sering.

    Live Text (Teks Langsung)

    Fitur Live Text akan sangat berguna bagi pengguna yang tidak ingin capek mengetik teks dari foto atau buku. Dengan fitur ini pengguna bisa mengarahkan kamera ke teks di buku tulis, lalu tekan tombol ‘Live Text’ > Copy > Select > Look Up > Translate atau Share it. Kalian juga bisa menggunakan fitur ini dengan foto yang telah kalian ambil.

    FaceTime Link 

    FaceTime di iOS mendapat banyak sekali perubahan, salah satu yang menjadi favorit adalah kemampuan membuat link FaceTime untuk menjadwalkan panggilan lebih dulu.

    Baca juga: 20 September, Apple Siap Rilis iOS 15 dan iPadOS 15

    Dan yang lebih menariknya, tautan di FaceTime bisa dikirim dan dipakai oleh pengguna non-Apple. Pengguna Android atau PC bisa bergabung ke FaceTime selama mereka menggunakan browser Chrome dan Edge.

    Focus Mode

    Mode Fokus (Focus Mode) akan sangat berguna bagi pengguna yang sedang belajar dan bekerja. Sebelumnya, iPhone menghadirkan mode Do Not Distrub yang menghalau semua aplikasi dan semua aktivitas termasuk panggilan dari semua kontak.

    Dengan Focus Mode, pengguna kini bisa memilah dan menyesuaikan notifikasi yang muncul saat mode fokus diaktifkan.

    Kalian juga bisa membuat mode terpisah sesuai dengan keperluan termasuk untuk bekerja, bersantai, dan aktivitas lainnya. Fitur ini bisa kalian simpan di Control Center agar lebih mudah untuk dipakai.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini