Auto

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Touring dengan Motor

  • 28 September 2017
  • Bagikan :
    5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Touring dengan Motor

    Bepergian menggunakan sepeda motor sepertinya sudah menjadi hal yang sangat wajar di Indonesia. Tak hanya jarak dekat, orang-orang pun tak segan untuk menempuh jarak yang cukup jauh dengan menggunakan kendaraan beroda dua ini.

    Bisa dibilang, motor merupakan pilihan yang tepat sebagai teman berpergian. Dibandingkan dengan mobil, motor dinilai lebih praktis dan juga ekonomis.

    Melihat hal tersebut, tak heran jika kini banyak kegiatan touring yang rutin dilakukan oleh para bikers. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan dengan tujuan untuk berlibur dan juga saling mempererat tali persaudaraan.

    Nah, tapi kamu tau nggak sih? Ternyata saat menjalani touring, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan supaya kegiatan touringmu berjalan dengan lancar dan bisa sampai di tujuan dengan selamat. Hmm, apa saja yang perlu diperhatikan ya? 

    Cek kondisi kesehatan

    Sebelum menjalani touring, ada baiknya kamu mengecek kesiapan tubuhmu. Soalnya selama touring berlangsung, kamu dituntut untuk terus fokus dalam mengendarai motor. Di saat menjalani touring, kamu juga harus terus memperhatikan kesehatan tubuhmu. Jika merasa agak lelah ataupun mengantuk, jangan segan-segan untuk berhenti dan minta beristirahat sejenak. Jangan memaksakan diri untuk terus melaju motormu. Karena yang terpenting bukan seberapa cepat kamu sampai ke tempat tujuan, tapi selamat atau tidaknya kamu sampai di sana.

    Membawa perlengkapan dan air minum yang cukup

    Saat memilih untuk melakukan touring, kamu harus pintar-pintar memilih barang apa saja yang akan dibawa. Jangan sampai kelebihan berat, yang akhirnya akan menyusahkanmu selama perjalanan dengan motor. Selain itu, kamu pun harus selalu ingat untuk membawa air minum yang cukup! Soalnya pengendara motor itu sangat rentan untuk terkena dehidrasi karena udara panas ataupun terlalu banyak terkena angin.

    Kenali rute touring dengan baik

    Walaupun touring sering dilakukan beramai-ramai, tapi nggak ada salahnya kalau kamu kenali rute yang akan dilewati. Selain bisa membuatmu lebih nyaman dan pede saat berkendara. Hal ini juga bisa membantu ketika ada kejadian yang tak diinginkan terjadi, seperti terpisah ataupun tertinggal dari rombongan.

    Jangan lupa untuk membawa toolkit dan surat-surat ya!

    Saat melakukan perjalanan jauh, ada baiknya kamu membawa beberapa toolkit utama. Hal ini sangat penting apabila di tengah perjalanan terjadi kerusakan kecil yang masih bisa kamu perbaiki sendiri. Tak hanya toolkit, surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM juga wajib dibawa loh! Jangan sampai kena tilang Polisi karena lupa bawa itu semua ya.

    Rutinlah mengecek keadaan motor saat touring

    Ini nih yang nggak kalah penting! Sebelum memulai touring, kamu harus memastikan bahwa motor yang akan dipakai dalam keadaan baik. Pastikan kamu mengecek berbagai part penting, agar perjalananmu lancar. Karena kamu akan menempuh jarak yang cukup jauh. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek kembali keadaan motormu. Jika ada sesuatu yang dirasa kurang nyaman, kamu bisa memperbaikinya dengan segera agar kerusakannya tak semakin parah. 

    Ngomong-ngomong soal touring, Kumparan punya rekomendasi yang pas untuk menjadi teman berkendaramu! All New V-ixion R, sebuah varian motor sport terbaru dari Yamaha dengan mesin 155cc yang sama dengan All New R15. Tak hanya mesin yang canggih, Yamaha All New V-ixion R juga dilengkap dengan teknologi VVA (Variable Valves Actuation) yang menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesinnya. Jadi, walaupun tenaga mesin semakin besar, pastinya tetap irit bahan bakar dong!

    Pilihan yang sangat tepat kan untuk teman setia touring ataupun kegiatan sehari-harimu?

     

    Tags : touring motor otomotif 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini