icon-category News

5 Hal yang Serba Gratis di Reuni Aksi 212

  • 02 Dec 2017 WIB
  • Bagikan :

    Reuni aksi 212 yang digelar pada Sabtu (2/12) di Monas, Jakarta Pusat menorehkan beragam cerita dari para pesertanya. 

    Bagi mereka yang menjadi peserta aksi 212, momen ini tak hanya digunakan untuk menyambung tali persaudaraan, namun juga dimanfaatkan untuk menebar kebaikan. Mulai dari membersihkan tempat secara sukarela hingga membagi-bagikan makanan gratis.

    Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum, mereka yang berbagi kebaikan di acara reuni aksi 212. 

    1. Kopi gratis

    Hari Sugiarto memiliki caranya sendiri dalam mengikuti reuni aksi 212 Sabtu (2/12). Ia sengaja membeli kopi sachet, gelas plastik dan menyediakan air panas untuk dibagikan secara gratis kepada massa aksi reuni 212. 

    "Ayo kopi gratis," teriak Sugiharto.

    Hari mengaku melakukan semua ini dengan ikhas dan ingin menjadi bagian dari sejarah aksi 212. 

    2. Roti gratis

    Ujang, pria asal Sukabumi, Jawa Barat ini membagikan roti secara gratis kepada massa aksi reuni 212, Sabtu (2/12). 

    Sedari pukul 06.30 WIB Ujang bersama rekannya, Linda, sudah bersiap di jembatan penyeberangan depan Stasiun Juanda untuk membagikan roti kepada massa aksi 212 yang melewati jembatan tersebut.

    "Roti dari hamba Allah, disuruh membagi-bagi ke peserta," kata Ujang yang tidak menyebutkan siapa hamba Allah yang dimaksud.

    Ujang mengatakan bahwa bukan hanya ia dan Linda saja yang ikut membagikan roti di acara tersebut, ada sejumlah rekan lain yang juga melakukan hal serupa dibeberapa lokasi berbeda. 

    Ada sekitar 200 dibagikannya bersama Linda. Ujang berharap acara berjalan lancar dan peserta dalam keadaan sehat untuk mengikuti reuni aksi 212 hingga selesai. 

    3. Bakpao gratis

    Kebaikan lain muncul dari peserta reuni aksi 212. Seorang ibu yang tak mau disebutkan identitasnya memborong bakpao seharga Rp 2 ribu yang dijual oleh pedagang, kemudian membagikannya secara gratis kepada massa aksi 212.

    "Iya gratis, tadi diborong ibu-ibu," kata Tri, penjual bakpao kala ditemui pada Sabtu (12/2). 

    Meski begitu, Tri tak tahu soal identitas ibu-ibu yang memborong dagangannya itu. Ketika ditanyai berapa jumlah bakpao yang diborong, Tri enggan menjawab.

    4. Bubur kacang hijau gratis

    Nur Islam, warga Jakarta Timur ini sudah sedari pagi berada di sekitaran Monas bersama rekan-rekannya. Seusai salat Subuh, Nur membagi-bagikan bingkisan plastik putih yang berisi bubur kacang hijau kepada massa aksi 212 yang melintas. 

    “Alhamdulillah selalu di setiap acara, semoga istiqomah, semoga berkah," kata Nur kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (2/12). 

    Dalam waktu 30 menit, bingkisan putih itu ludes diserbu massa. 

    "Belum apa-apa ini, dari sini saya juga jadi banyak teman. Yang penting ikhlas,” ujarnya. 

    5. Air minum gratis

    Gatot, warga Cipinang, Jakarta, sejak subuh tadi membagikan air minum kemasan gratis kepada massa 212 yang berjalan menuju monas. 

    Di aksi sebelumnya, yang diadakan setahun yang lalu, Gatot juga melakukan hal serupa yakni membagikan air minum gratis kepada massa. Tahun ini, Gatot membawa 100 kardus air minum kemasan. 

    “Silakan Pak, Bu, gratis. Insyaallah halal,” ujar pak gatot setiap ada massa yang lewat.

    Gatot mengaku, tujuannya melakukan hal ini, semata-mata untuk mencari berkah.

    Tags : 212 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini