icon-category Digilife

5 Inovasi Jakarta Smart City Masuk Nominasi Penghargaan PBB

  • 24 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Kanal Pengaduan di DKI Jakarta

Uzone.id – 5 inovasi digital Jakarta Smart City berhasil masuk dalam ajang penghargaan internasional bertajuk World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2023.

WSIS Prizes sendiri merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh ITU (International Telecommunication Union). 

FYI, organisasi ini merupakan agensi khusus dari PBB yang bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan standar teknologi informasi dan komunikasi.

Bersaing dengan berbagai inovasi TIK dari seluruh dunia, 5 inovasi layanan digital dari Jakarta Smart City ini masuk dalam 18 kategori yang dikompetisikan. 5 teknologi ini antara lain:

Fitur JakLapor

JakLapor merupakan platform aduan masyarakat yang mengutamakan keamanan data, dengan prinsip Privacy by Design. Artinya, pengadu dalam JakLapor berstatus anonim, begitupun platform yang tidak menyimpan serta memanfaatkan data-data pribadi para pelapor.

Baca juga: INFOGRAFIS: 7 Kota/Kabupaten ‘Smart City’ Indonesia Beserta Teknologinya

Inovasi layanan digital ini masuk ke dalam nominasi ‘Privacy-Preserving Online Public Complaint Application’ dalam kategori AL C5. Building Confidence and Security in Use of ICTs.

Data Science Trainee dan program Master Data Management

Program Data Science Trainee dihadirkan untuk mendukung pembangunan komunitas kota cerdas. 

Dilansir dari Smart City Jakarta, Selasa, (24/01), kegiatan ini merupakan proses peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang bertujuan menciptakan talenta digital di bidang teknologi informasi, dengan menggunakan pendekatan Data Science.

Program ini juga menciptakan lingkungan inklusif yang dapat meningkatkan inovasi, partisipasi, dan kreativitas untuk memberikan solusi cerdas.

Selanjutnya, program Master Data Management dihadirkan dalam hal pengolahan dan integrasi data. 

Baca juga: 7 Kota Ini Sudah Terapkan Program Smart City di Indonesia, Lho

MDM ini mengintegrasikan dan menstandarkan data kependudukan, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih cepat, akurat, serta mudah diakses. Hal ini akan mempermudah berbagai kebutuhan di Jakarta, salah satunya penyaluran bantuan sosial.

Dua program ini masuk ke dalam nominasi ‘Citizen 360 Profiling’ dalam kategori AL C7. ICT Applications: E-Science.

Jakarta Smart City Living Lab

Platform ini hadir sebagai website dan media sosial yang memiliki konten ePoster, video, artikel, hingga infografis dengan berbagai topik didalamnya.

Topik-topik yang diambil adalah  layanan vaksinasi, layanan publik digital JAKI, dan topik-topik lain yang terkait dengan isu perkotaan.

Inovasi ini masuk ke dalam kategori AL C9 untuk Media.

Smart Change

Program kolaborasi Smart Change hadir sebagai kerjasama antara Jakarta dengan Berlin yang didanai oleh Uni Eropa.

Tujuan dari program ini adalah untuk mempromosikan tata kelola pemerintahan yang baik dan pembangunan perkotaan berkelanjutan di Jakarta.

Promosi ini melalui kemitraan Pemerintah Daerah antara Jakarta dan Berlin serta kemitraan segitiga dengan Bangkok.

Project Smart Change ini masuk dalam nominasi ‘Collaboration for Sustainable Urban Development’ dalam kategori AL C11 untuk International and Regional Cooperation.

Jakarta Satu (Satu Peta, Satu Data, Satu Kebijakan)

Situs Jakarta Satu merupakan sarana komunikasi serta visualisasi peta dan data dari program Jakarta Satu, baik untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ataupun untuk masyarakat.

Beberapa hal yang terintegrasi lewat program Jakarta Satu ini, antara lain peta dasar, data pajak dan retribusi, data air tanah, data aset pemerintah daerah, serta data kependudukan Provinsi DKI Jakarta. Situs ini masuk ke dalam kategori AL C3 untuk Access to Information and Knowledge. 

Penghargaan World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2023 akan diumumkan pada 14 Maret 2023 mendatang dengan 18 pemenang kategori.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini