Health

5 Jenis Makanan yang Bisa Cegah Depresi

  • 25 October 2018
  • Bagikan :
    5 Jenis Makanan yang Bisa Cegah Depresi

    Depresi bisa menyerang siapa saja, bahkan tanpa disadari sekalipun. Penyebabnya bisa beraneka rupa, entah karena tekanan atau stres dalam pekerjaan, faktor lingkungan, hingga trauma di masa lalu. Saat sedang mengalami depresi, suasana hati seseorang akan menjadi tidak stabil, dalam waktu yang tak bisa ditentukan.

    Nah, ternyata, selain disebabkan oleh beberapa faktor eksternal, ketidak stabilan emosi ini juga bisa terjadi karena makanan yang kita santap, lho. Ya, asupan beberapa jenis makanan seperti gula, roti, dan pasta yang terlalu banyak misalnya, dapat membuat suasana hati kita menurun dan riskan mengalami depresi. 

    Depresi sendiri sebenarnya tak bisa dicegah dengan mengkonsumsi jenis makanan tertentu saja, namun kita masih bisa mencegah dan meminimalisirnya dengan menerapkan pola makan sehat. Selain itu, kita juga bisa menyantap makanan yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur dan memperlancar pencernaan, yang menjadikan suasana hati jadi lebih stabil.

    Kira-kira, makanan apa saja yang bisa dikonsumsi untuk menjaga emosi agar lebih stabil? Yuk, simak ulasannya seperti dilansir healthline berikut ini:

    1. Kacang kenari

    Mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, kacang kenari dapat berfungsi untuk meningkatkan kinerja dari otak. Bukan hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa omega-3 dapat membantu meminimalisir gejala depresi. Selain kacang kenari, kamu juga bisa mengkonsumsi ikan, minyak canola, dan jenis sayuran hijau sebagai sumber asupan omega-3.

    2. Tomat

    Tak hanya mengandung berbagai vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh, tomat juga kaya akan asam folat dan asam lipoat yang dipercaya dapat memerangi depresi. Bahkan, dalam penelitian yang dipublikasikan Journal of Pshychiatry and Neuroscience, kekurangan asupan asam folat kerap terjadi pada pasien yang menderita depresi. 

    Asam folat sendiri dapat meminimalisir hormon homosistein, sehingga dapat meningkatkan produksi serotonin, dopamin, dan hormon lain yang berfungsi menciptakan rasa senang dan bahagia, serta menstabilkan suasana hati.

    3. Kacang polong

    Ternyata, suasana hati yang buruk dan tak stabil juga bisa disebabkan karena rendahnya tingkat gula darah pada tubuh kita, lho. Untuk menambah asupan gula darah, kita bisa mulai mengkonsumsi kacang polong secara rutin. Proses pencernaan kacang polong sendiri memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga dapat membuat kadar gula darah tubuh lebih stabil. 

    4. Jamur

    Sama halnya seperti kacang polong, jamur juga bisa membuat kadar gula darah pada tubuh lebih stabil. Ya, makanan satu ini mengandung insulin yang dapat mengatur kadar gula darah, sehingga membuat suasana hati jadi lebih bahagia.

    Bukan itu saja, jamur juga memiliki kandungan probiotik yang membuat pencernaan jadi lebih sehat. Lantas, apa hubungannya pencernaan sehat dengan depresi?

    Sel-sel saraf di usus kita sejatinya memproduksi 80 hingga 90 persen serotonin--hormon yang membuat otak kita mampu bekerja dengan baik dan meningkatkan suasana hati kita, sehingga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan pencernaan.

    5. Brokoli

    Kandungan asam folat pada brokoli dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks, dan menyembuhkan sindrom panik bagi mereka yang mengalami depresi berat. Komponen tersebut juga dapat membuat kita tak mudah terserang stres, sehingga bisa terhindar dari depresi. Konsumsi brokoli secara rutin setiap harinya agar suasana hati menjadi lebih stabil.

    Nah, bila suasana hati kerap tak stabil, sebaiknya mulai konsumsi berbagai jenis makanan sehat tersebut agar dapat terhindar dari depresi dan membuat perasaan jadi lebih bahagia.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini