Digilife

5 Keunggulan Cloud Game Dibanding Game Konvensional

  • 23 June 2021
  • Bagikan :
    5 Keunggulan Cloud Game Dibanding Game Konvensional

    Ilustrasi (Unsplash / Jeshoots com)

    Uzone.id - Produsen game kini berkonsentrasi untuk menghadirkan konten game yang menarik dan tahan lama, dengan dukungan cloud computing (komputasi awan) dibandingkan fokus pada produksi perangkat keras atau konsol yang portabel.

    Game berbasis cloud banyak memberikan manfaat bagi pelanggan maupun perusahaan. Produsen game terbesar macam Nintendo, Microsoft dan Sony berlomba menyediakan konten yang menyenangkan dengan dukungan teknologi.

    Platform cloud gaming membuat gamers tak perlu membawa konsol. Pengguna pun mendapat akses cepat ke beberapa game melalui laptop, ponsel pintar, desktop dan TV tanpa perlu mengunduh dan menginstal game pada device.

    Komputasi awan merevolusi industri game dengan membantu pembuat game menghasilkan lebih banyak penjualan dan pengembalian dan pada saat yang sama melibatkan pelanggan melalui pengalaman bermain game yang luar biasa.

    Berikut ini keunggulan cloud game dibandingkan game konvensional, seperti dilansir dari ideaminetech:

    1. Keamanan

    Keamanan tingkat industri yang dipakai oleh perusahaan cloud computing mencegah gangguan eksternal seperti peretasan.

    Dalam sistem cloud, informasi disimpan di dalam ruang penyimpanan virtual sehingga platform ini lebih aman daripada aplikasi konvensional lainnya. Tentunya juga akan menghemat ruang penyimpanan pada devie karena progress game tersimpan pada ruang penyimpanan cloud.

    2. Kompatibel dengan Perangkat Jenis Apa Pun

    Menggunakan platform cloud yang sangat fleksibel, game kelas atas bisa dimainkan bahkan di gawai entry level.

    Keterbatasan yang disebabkan oleh kebutuhan memori, kapasitas grafis, dan kekuatan pemrosesan berkurang berkat solusi cloud.

    Dengan demikian, bisa memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa kepada pengguna.

    Cloud adalah konsep teknologi canggih, mudah diterapkan, dan memungkinkan pengguna mengakses game dari perangkat apa pun dari lokasi mana pun tanpa mengunduh dan mengkonfigurasi aplikasi.

    3. Tak ada lagi Pembajakan

    Tidak seperti di sistem lain, perangkat lunak game konvensional tidak tersedia untuk pasar yang menghindari kemungkinan pembajakan.

    Semua game berlinsensi original sudah disediakan di platform cloud gaming, sehingga gamer tidak perlu lagi membeli lisensi dan menginstall game satu per satu pada device, hanya cukup membayar biaya subscription layanan cloud gaming.

    Lalu, gamer sudah dapat memainkan game original secara streaming pada device masing-masing.

    Alih-alih komputer fisik, para gamer bermain game di server cloud dengan akses di komputer pribadi mereka.

    Jadi, dibandingkan game konvensional, cloud game mengurangi kemungkinan manipulasi dan interupsi yang tidak sah dan mempertahankan permainan yang terbarukan.

    4. Ketersediaan Lebih Banyak Perangkat

    Daripada bergantung pada konsol, komputasi awan mendukung penggunaan beberapa perangkat seperti smartphone, laptop, desktop, perangkat genggam, dan TV.

    Para pemain game bisa menikmati game dari mana saja, bahkan tanpa membawa konsol game khusus, seperti pada game console konvensional.

    Melalui dukungan komputasi awan, para gamer bisa menikmati momen dengan jangkauan perangkat yang lebih luas.

    5. Dukungan Backend Langsung dan Dinamis

    Dibandingkan dengan aplikasi konvensional dalam hal kapasitas penyimpanan, aplikasi cloud gaming lebih fleksibel dan skalabel. Hal ini membuat perusahaan game bisa memberikan informasi kepada gamer segera setelah mereka masuk ke akun mereka.

    Platform komputasi awan membantu gamer untuk melakukan fungsi, seperti menyimpan game, memproses game atau melindunginya dari akses reguler tanpa kesulitan.

    Respons langsung dan akses reguler memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi para gamer dan mempertahankan tingkat kepuasan mereka.

    Cloud gaming juga memberi para gamer kesempatan untuk dapat memainkan beberapa jenis game dalam satu platform tanpa harus membeli lisensi game satu per satu. Sehingga gamer bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini