Health

5 Kiat Lindungi Diri dari Penyakit Selama di Pesawat

  • 22 August 2018
  • Bagikan :
    5 Kiat Lindungi Diri dari Penyakit Selama di Pesawat

    Uzone.id – Setiap orang yang ingin liburan tentu mengharapkan kondisi badan yang sehat, agar dapat menikmati perjalanan kelak. Sayangnya, terjebak berjam-jam di dalam pesawat bisa membuat kamu sakit.

    Bayangkan saja, apa yang terjadi bila kamu duduk bersebelahan dengan penumpang yang tidak berhenti batuk atau bersin? Ya, kamu mungkin saja tertular penyakit.

    Bahkan, studi Annals of Global Health (2017) menemukan bahwa penumpang yang duduk di antara orang yang sakit, kemungkinan besar akan sakit.

    Sementara itu, Stephanie Mandel dari The Morrison Center di New York mengungkapkan bahwa ketika berada di dekat banyak orang dalam waktu lama, seseorang biasanya terkena lebih banyak kuman penyakit.

    Risiko tersebut meningkat di lingkungan yang dingin, seperti di pesawat.

    Baca: Selain Jerawat, Ini Masalah Kulit yang Sering Menyerang Remaja

    Namun jangan khawatir, mengutip Huffington Post, kamu bisa melindungi diri dari penyakit dengan beberapa kiat berikut ini:

    Cuci tangan

    Daniel Eiras dari New York University Langone Health mengatakan bahwa hal pertama yang harus dilakukan di pesawat adalah mencuci tangan.

    Daniel mengatakan bahwa ini harus dilakukan dengan menggunakan hand sanitizer atau sabun dan air. Bersihkan secara menyeluruh, sampai ke area yang sering terlewatkan, seperti punggung tangan dan sekitar kuku.

    Memilih kursi dengan tepat

    Yang satu ini mungkin memang sedikit rumit. Meskipun tidak mungkin dapat mengetahui apakah ada orang yang sedang pilek di pesawat, namun kemungkinan kamu untuk sakit meningkat bila duduk di dekat lorong.

    Baca: 5 Makanan yang Bisa Memperburuk Suasana Hati Kamu

    Data dari Business Insider menunjukkan bahwa orang yang duduk di dekat lorong 80 persen lebih mungkin sakit apabila ada penumpang lain yang sakit dan duduk tepat di barisan seberang.

    Istirahat

    Bukan hanya di pesawat, para ahli juga merekomendasikan untuk istirahat cukup pada malam atau hari sebelum bepergian menggunakan pesawat. Jika stres dan kelelahan, maka tubuh rentan terhadap penyakit.

    Tidur setelah penerbangan juga penting. Di samping itu, tidurlah sesuai dengan waktu di tempat tujuan kamu. Jika pesawat mendarat pada malam hari, maka kamu perlu segera tidur ketika sudah tiba di penginapan.

    Sebaliknya bila pesawat mendarat siang hari, cobalah untuk tetap terjaga. Ini penting, agar kamu dapat tidur tepat waktu dan bangun dengan tubuh yang segar keesokan harinya.

    Baca: Amankah Tidur dengan Kipas Angin Menyala Sepanjang Malam?

    Makan makanan sehat

    Menurut Livestrong, makanan manis dapat menurunkan sistem imunitas tubuh. Kamu lebih baik mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti buah beri dan sayuran hijau gelap.

    Jangan naik pesawat bila sedang sakit

    Menurut U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bila sedang menderita penyakit menular, maka kamu tidak disarankan untuk bepergian menggunakan pesawat.

    Selain dapat merugikan orang lain, naik pesawat dapat memperburuk kondisi kamu.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini