Lifestyle

5 Langkah Mencuci Rambut yang Benar

  • 21 December 2016
  • Bagikan :
    5 Langkah Mencuci Rambut yang Benar

    Mencuci rambut atau istilah sederhananya keramas merupakan salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan untuk perawatan rambut. Meski begitu, tak banyak orang mengetahui cara melakukannya dengan benar.

    Masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, berminyak, atau kering, rupanya tak melulu urusan salah memilih sampo. Masalah-masalah itu datang bisa jadi akibat cara mencuci rambut yang tidak tepat. Lantas bagaimana cara mencuci rambut yang benar?

    1. Mulailah dengan air hangat
    Basahi rambut dengan air hangat sebelum menggunakan sampo. Namun ingat, jangan gunakan air yang terlalu panas karena akan membuat kulit kepala dan rambut kering. Air hangat membantu membuka pori-pori dan kutikula di kulit kepala. Selain lebih efektif dalam membersihkan kotoran di kulit kepala, penggunaan air hangat juga membantu kondisioner dan sampo terserap lebih baik.

    2. Jangan terbalik menggunakan sampo dan kondisioner
    Urutan yang benar, gunakan kondisioner terlebih dahulu sebelum sampo. Kondisioner juga baik digunakan pada rambut yang panjang dan kusut karena akan melembutkan dan membuat rambut tidak mudah rontok. Yang perlu diingat, Anda harus membilas kondisioner hingga bersih sebelum menggunakan sampo.

    3. Sentuhlah kulit kepala, bukan hanya rambutnya saja
    Terkadang Anda terlalu heboh mengoleskan sampo di rambut sampai penuh busa, namun tidak menyentuh kulit kepala. Padahal untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus melakukan pijatan ringan pada kulit kepala terlebih dahulu sebelum membasahi rambut dengan busa sampo.

    4. Gunakan kondisioner di rambut
    Sebaliknya, saat menggunakan kondisioner, aplikasikan di rambut, bukan di kulit kepala. Kondisioner berfungsi menghaluskan rambut sehingga Anda hanya perlu mengaplikasikannya di bagian rambut. Mengaplikasikan kondisioner di kulit kepala hanya akan membuat Anda lebih boros dalam menggunakannya.

    5. Bilas hingga benar-benar bersih
    Saat membilas, gunakanlah air dingin untuk membuat rambut tampak lebih berkilau. Jangan lupa membilas hingga benar-benar bersih. Pembilasan yang kurang sempurna akan mengakibatkan munculnya ketombe dan membuat rambut Anda berminyak.

    TABLOIDBINTANG

    Baca juga:
    Mie Jambret, Sensasi Makan Mi di Penjara
    Peduli Diabetes, Tamara Geraldine Tulis Buku Khusus
    Faktor Pembuat Resolusi Tahun Baru Gagal, Apa Saja?

    Berita Terkait:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini