Digilife

5 Orang Ini Kena Serang 'Mulut Pedas' Netizen Indonesia

  • 15 March 2021
  • Bagikan :

    Dayana (Instagram @demi.demik) 

    Uzone.id – Netizen Indonesia memang fenomenal. Riset saja menyebutkan kalau netizen Indonesia ini paling cerewet sedunia. Bertolak belakang dengan hasil riset kalau minat baca buku warga Indonesia termasuk paling rendah.

    Namun, sayangnya hasil riset Digital Civility Index (DCI) yang dikeluarkan Microsoft belum lama ini seperti menonjok ulu hati warga +62. DCI merilis data bahwa sopan-santun netizen Indonesia paling rendah di Asia Tenggara.

    Hal itu juga memantik ide munculnya Komite Etika Berinternet oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) demi menjaga ruang digital yang bersih, sehat, beretika dan produktif.

    Berikut ini kasus yang pernah gempar akibat serangan netizen Indonesia:

    1. Dayana

    Dayana, asal Kazakhstan, pernah merasa di atas angin ketika disanjung-sanjung netizen Indonesia. Dia karena berhasil mengambil hati netizen di sini karena kecantikannya.

    Gadis yang mengambil kuliah hukum itu mendadak popular setelah tampil di YouTube Fiki Naki.

    BACA JUGA: Hati-hati Kena Keyboard Ghosting 

    Namun, kemesraan Dayana dengan netizen Indonesia tak berlangsung lama. Dayana membuat netizen Indonesia kecewa karena gagal tampil bersama Fiki di Hari Valentine yang disponsori perusahaan swasta.

    Meskipun Dayana merasa berhak menggagalkan acara karena dia cuma dibayar 50 persen dari yang janjikan, namun netizen Indonesia tetap tidak bisa terima. Akibatnya, akun Instagram @demi.demik milik Dayana, yang awalnya meraih 2,2 juta follower langsung merosot drastis tinggal 1,3 juta follower saja.

    2. GothamChess

    Tuduhan curang yang dialamatkan kepada Dewa Kipas alias Dadang Subur asal Indonesia oleh GothamChess alias Levy Rozman asal Amerika Serikat rupanya menjadi bumerang.

    Setelah netizen Indonesia tahu soal kabar akun Dewa_Kipas diblokir oleh chess.com gara-gara dilaporkan oleh para pendukung Levy, tak butuh lama master catur asal AS itu mendapat serangan bertubi-tubi dari netizen Indonesia.

    Tak butuh lama juga, Levy menyampaikan permohonan maaf kepada Dadang karena tuduhan curang memang tak ada bukti.

    Selain itu, Levy juga memblokir akun YouTube-nya untuk Region Indonesia. Hal itu dilakukan agar netizen Indonesia tak bisa lagi melihat konten di dalamnya.

    3. Microsoft

    Raksasa teknologi Microsoft pun gak tahan dengan serangan netizen Indonesia. Microsoft sampai menutup kolom komentar akun Instagram setelah banjir komentar negatif dari netizen Indonesia.

    Berawal dari Microsoft merilis hasil riset Digital Civility Index (DCI) yang membeberkan data jika netizen Indonesia paling tidak sopan di Asia Tenggara. Sedangkan netizen Singapura berada di posisi satu sebagai paling sopan di Kawasan tersebut.

    4. Cowok Korea

    Seorang pria asal Korea Selatan dipersoalkan oleh netizen Indonesia gara-gara telah menghina perempuan asal Indonesia, Indah Asmigianti, melalui obrolan virtual.

    Pria Korea itu sempat tidak diketahui nama akun media sosialnya. Namun, perjuangan netizen Indonesia mencari akun si pria itu akhirnya membuahkan hasil.

    Netizen menemukan akun Instagram @96___k__sik milik Si Bang Jago itu, yang awalnya menantang video percakapannya diviralkan oleh Indah.

    Sama halnya dengan master catur GothamChess, pria Korea itu langsung meminta ampun kepada netizen Indonesia setelah mendapat serangan bertubi-tubi.

    5. Pakar Etiket Inggris

    Akun Twitter @TheRoyalButler, milik Grant Harrold, mantan kepala pelayan Pangeran Charles, William, dan Harry, sempat dikecam netizen gara-gara sebuah postingan.

    “Ingatlah bahwa kita selalu menggunakan pisau dan garpu atau sumpit untuk makan nasi! Kita tidak menggunakan tangan atau jari kita,” tulis Harrold.

    Pria yang menklaim Pakar Etiket dan Mantan Kepala Pelayan Kerajaan Inggris itu tentu saja menyinggung warga Asia, termasuk orang Indonesia yang merasakan nikmatnya makan nasi padang pakai tangan.

    Seorang netizen Indonesia dengan akun @deopradito berkomentar, “Anda harus belajar tentang budaya yang berbeda, bukan hanya budaya barat."

    VIDEO Oppo Reno 5 Special Edition : Marvel Avengers