icon-category Digilife

5 Postingan Facebook Paling Berbahaya, Jangan Kamu Lakukan!

  • 09 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: Priscilla Du Perez / Unsplash)

    Uzone.id - Setiap postingan kamu di Facebook terlihat tidak akan berdampak apa-apa. Namun, bagi penjahat online itu bisa jadi boomerang bagi kamu.

    Ahli keamanan siber Javad Malik mendesak agar pengguna Facebook untuk berhati-hati setiap online.

    Menurutnya, setiap informasi yang dibagikan ke publik bisa disalahgunakan oleh penjahat.

    "Bahkan informasi yang tampaknya sepele bisa disatukan untuk membangun gambaran yang lebih baik tentang korban," kata Javad, pemimpin kesadaran keamanan di KnowBe4, seperti dilansir Uzone.id dari The Sun, Senin (9/5/2022).

    BACA JUGA: Datsun Siap Comeback Jadi Mobil Listrik Murah, Pesaing Wuling GSEV

    Maka dari itu, tidak heran kalau TurnBackHoax, Komunitas Online Anti Hoax di Indonesia kerja keras meluruskan postingan-postingan yang sudah diedit sedemikian rupa sehingga bisa menghindari konflik sosial dalam negeri.

    Jamie Akhtar, CEO CyberSmart sekaligus pakar dunia maya juga memberikan arahan mengenai 5 postingan yang harus dihindari di Facebook.

    1. Data identitas pribadi yang dapat digunakan untuk memverifikasi identitas kamu, seperti alamat lengkap, tanggal lahir, nama gadis ibu, dll.
    2. Data lokasi, dapat digunakan untuk melakukan serangan siber fisik dan kejahatan lainnya.
    3. Berbagi data dengan aplikasi pihak ketiga seperti kuis dan game sangat selektif. Banyak dari mereka adalah penipuan dan jika kamu pernah diminta untuk mengidentifikasi data pribadi oleh salah satu aplikasi ini, segera hentikan.
    4. Berhati-hatilah terhadap siapa pun yang tidak kamu kenal secara pribadi yang menghubungi kamu. Pokoknya, jangan pernah berbagi apa pun dengan siapa pun yang tidak kamu kenal.
    5. Hindari memberikan detail apa pun tentang tempat kerja kamu atau apa yang kamu lakukan di sana. Penjahat online secara teratur memburu karyawan target di media sosial, sehingga kamu bisa menjadi alat tanpa disadari bagi mereka untuk menyerang tempat kerja kamu.

    BACA JUGA: 100 Ribu Subscriber Deddy Corbuzier Lenyap!

    Kalau kamu sempat posting informasi yang terlalu sensitif di media sosial, coba pertimbangkan untuk segera menghapusnya.

    Berpikirlah matang-matang sebelum kamu membuat postingan karena para penjahat online sudah menunggu.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini