Gadget

5 Tips Maksimalkan Fitur di Smartphone Xiaomi

  • 03 December 2021
  • Bagikan :
    5 Tips Maksimalkan Fitur di Smartphone Xiaomi Foto: Xiaomi Mi 11 (Dok. Xiaomi)

    Uzone.id - Sebentar lagi Xiaomi akan segera meluncurkan MIUI baru, yaitu MIUI 13 untuk beberapa seri ponselnya.

    Dalam bocorannya, MIUI versi baru ini akan menghadirkan perubahan yang cukup signifikan dan tentunya peningkatan dalam tampilan user experience-nya.

    Banyak fitur di MIUI menargetkan kinerja yang lebih baik dan juga menghemat masa pakai baterai saat dibutuhkan pengguna.

    Nah, berikut beberapa pengaturan dan fitur MIUI yang perlu kalian ketahui untuk memaksimalkan kinerja dan masa pakai baterai di ponsel Xiaomi kalian.

    Layar Always-On (Always-On display)

    Always-On display adalah fitur yang berguna bagi ponsel yang mendukung layar AMOLED. Fitur ini diketahui sangat mempengaruhi masa pakai baterai terlepas dari ponsel apa yang dimiliki dan seberapa besar kapasitas baterainya.

    Oleh karena itu, kalian bisa membiarkan layar ini menyala saat kalian dekat dengan sumber pengisian daya atau ketika mengisi daya.

    Tapi, jika kalian jauh dari sumber pengisian daya dan dalam situasi di mana ponsel takkan bertahan lama, fitur pertama yang harus dimatikan adalah Always-On display. 

    Hal ini bakal membuat piksel layar tetap mati saat kalian mengunci layar dan akan menghemat baterai kalian.

    Ekstensi Memori (Memory Extension)

    Fitur perluasan memori RAM virtual adalah salah satu fitur yang bakal kalian temukan di jajaran ponsel terbaru Xiaomi. 

    Pengaturan tersimpan di bawah Pengaturan>Pengaturan Tambahan lalu Perpanjangan Memori pada ponsel yang didukung.

    Kalian bisa mengaktifkan memori RAM virtual untuk menaikkan kinerja ponsel kalian. Dengan RAM yang lebih luas, kalian bisa mendapat pengalaman membuka banyak aplikasi secara bersamaan dengan lebih lancar.

    Refresh Rate

    Fitur yang saat ini hadir di ponsel-ponsel jajaran terbaru adalah mengubah kecepatan Refresh di ponsel kalian. Untuk ponsel yang menawarkan kecepatan refresh 90Hz, 120Hz, atau lebih tinggi, pengguna cukup membuka bagian Tampilan/Display di Pengaturan/Settings untuk mengatur kecepatan refresh secara manual.

    Menurunkan refresh rate juga akan membuat masa pakai baterai lebih awet. Jika kalian ingin meningkatkan sentuhan yang lebih seamless, kalian bisa menaikkan refresh rate ke tingkat yang lebih tinggi.

    Game Turbo (untuk para gamer)

    Game Turbo adalah fitur yang didedikasikan untuk para gamer. Fitur ini akan memberikan kinerja dan pengalaman bermain yang lebih baik secara keseluruhan.

    Terdapat pengaturan seperti performance mode dan memory exceptions yang bakal membantu pengguna menyalurkan sumber daya ponsel ke area tertentu saat ingin memaksimalkan kinerja game.

    Di fitur ini kalian juga bisa mematikan beberapa fitur yang ada saat bermain game tetapi tetap menghemat baterai atau mendapat notifikasi penting. 

    Pengaturan ini bisa didapat di Pengaturan/Setting, lalu ke Pengaturan Tambahan/Additional Settings kemudian tekan menu Game Turbo.

    Notifikasi Battery Drain/penggunaan baterai

    Kalian pasti kesal ketika sebuah aplikasi banyak memakan daya baterai ponsel gara-gara kinerja background yang sebenarnya tidak diperlukan. 

    Pemberitahuan baterai MIUI adalah solusi untuk menghindari masalah ini. Tetap hidupkan fitur ini dan ponsel kalian akan secara otomatis memberitahu kalian saat satu aplikasi menghabiskan banyak baterai ponsel.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini