home ×
Digilife

5 Video TikTok Ini Berisi Edukasi Virus Corona

13 March 2020 By
5 Video TikTok Ini Berisi Edukasi Virus Corona
Uzone

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Baru-baru ini, pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa virus corona telah menginfeksi masyarakat Indonesia. Agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada, beberapa kreator memberikan edukasi melalui video singkat di TikTok dengan cara yang fun dan simple. Nah, ini beberapa video tersebut.

1. Tanyakandokter

Pemilik akun bernama Tanyakandokter menjelaskan bahwa virus corona adalah virus yang menyerang saluran pernapasan. Penularan virus ini melalui droplet, yaitu cairan hidung dan mulut yang keluar ketika batuk dan bersin.

Gejala yang muncul ketika terserang virus corona adalah batuk, disertai demam tinggi diatas 38 derajat, dan kesulitan bernapas, seperti yang dijelaskan di video berikut.

Baca juga: Unboxing Samsung Galaxy A01, Ponsel Sejutaan Tanpa Earphone

2. Alodokter

Meski demikian, penyebaran virus Corona bisa diatasi dengan rajin mencuci tangan dengan cara yang tepat. Untuk itu, akun Alodokter memberikan tutorial tentang cara cuci tangan yang benar, meliputi telapak tangan, sela-sela jari, sampai dengan ujung kuku. Mau tahu caranya? Tonton video berikut!

3. HalodocID

Nah, setelah tau cara mencuci tangan yang benar, lalu kapan sebaiknya kita mencuci tangan? Akun HalodocID menganjurkan kita untuk mencuci tangan sesering mungkin, khususnya sehabis batuk atau bersin, setelah dari toilet, serta sebelum dan sesudah makan, seperti yang disampaikan dalam video berikut.

Baca juga: Realme 6 Series Siap Dirilis di Indonesia pada 24 Maret 2020

4. World Health Organization (WHO)

Menghadapi virus Corona, banyak orang berupaya membeli masker untuk melindungi dirinya. World Health Organization (WHO) menjelaskan melalui akun TikTok mereka bahwa masker digunakan untuk penderita penyakit pernapasan, seperti demam, batuk, atau pilek, termasuk tenaga kesehatan yang menangani pasien tersebut.

Selain itu, masker juga harus digunakan dengan benar, salah satunya tidak menggunakan kembali masker yang sudah dipakai. Simak penjelasan selengkapnya di video berikut.

5. Kemendikbud.RI

Sebagai penutup, Nadiem Makarim, selaku Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rakyat Indonesia berpesan untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam mencegah penularan virus corona melalui video TikTok, yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Masyarakat juga diimbau mengonsumsi makanan bergizi seimbang, menggunakan masker atau menutup mulut saat bersin, serta mengunjungi pelayanan kesehatan masyarakat terdekat jika memiliki gejala demam dan sesak napas.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 18 March 2020 | 23:45:43

video ini sangat berguna untuk sekarang patut di ketahui

Miskin aman 14 March 2020 | 03:38:47

kirain tik tok isinya hanya joget joget gak jelas

Satria Kelana 14 March 2020 | 01:14:02

Edukasi yang sangat penting bagi kita semua ya gaes keren

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article