icon-category Digilife

6 Fitur Ini Bisa Jadi Sumber Cuan di Instagram

  • 20 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Luke Van Zyl/Unsplash

    Uzone.id - Instagram terus menciptakan berbagai fitur yang berguna bagi para penggunanya, salah satu yang jadi andalan mereka adalah fitur monetisasi agar platformnya menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

    Tak hanya influencer yang memiliki followers banyak, pengguna biasa yang punya followers sedikit pun bisa ikut mendapatkan cuan dari platform ini. 

    Ada beberapa fitur yang dihadirkan Instagram sebagai sumber penghasilan, berikut diantaranya.

    Instagram Shop

    Bagi kalian yang berjualan atau memiliki small business, fitur ini cocok untuk menjajakan produk kalian sekaligus menaikkan visibilitas produk biar makin dikenal pengguna Instagram.

    Instagram sudah resmi menghadirkan fitur in-app shopping yang bisa digunakan penjual untuk menjajakan produknya dan pembeli bisa dengan mudah melakukan pembelian karena ada 2 opsi pilihan, langsung membeli di aplikasi atau diarahkan ke website.

    Baca juga: Hey Instagram, Rajin Banget Rilis Fitur Baru buat Nambah Cuan Kreator

    Nah, penjual harus memilih dari kedua opsi tersebut karena tidak bisa menggabungkan kedua opsi ini sekaligus.

    Biar proses pemesanan dan pengiriman makin terjamin, Instagram telah bekerja sama dengan platform pihak ketiga yang menjadi mitra utama IG Shop seperti Euclid dan Shopify.

    Shop Tags di Stories dan Feeds

    Kalian biasanya sering berbagi foto di Feeds dan Stories, nah kalian bisa juga dengan menandai produk seperti kalian menandai teman-teman kalian.

    Namun, kalian perlu mengajukan permintaan dan mensetting akun menjadi Instagram Shopping, beberapa yang harus kalian perhatikan adalah membuat katalog Facebook, lalu mengaktifkan IG shopping, lalu hubungkan dengan halaman Facebook dan katalog yang telah kalian buat.

    IG Badges

    Untuk saat ini fitur Badges baru tersedia dalam versi beta dan hadir untuk beberapa kreator saja di Amerika Serikat. Nantinya lewat fitur ini, pengguna bisa mendukung bisnis atau inisiatif kreator dengan cara membeli lencana atau Badges.

    Sama dengan proses donasi, pengguna bisa memberikan bonus pada kreator yang mereka sukai. Namun, syarat untuk menggunakan fitur ini adalah kreator diharuskan memiliki jumlah followers tertentu. Jadi, tak semua pengguna bisa menggunakan fitur ini sebagai ladang penghasilan.

    Monetisasi Iklan di IGTV

    Jika kalian adalah kreator video berdurasi panjang seperti IGTV, ini adalah kesempatan kalian untuk mendapatkan penghasilan. Kreator bisa mengizinkan pengiklan untuk mengakses dan menampilkan iklan mereka di konten kalian. Iklan ini akan muncul saat jeda yang bisa kalian atur.

    Kalian juga bisa melakukan penyesuaian iklan dengan merek lewat tag konten. Ini juga akan berpengaruh dengan tag profil kalian, jadi luangkan waktu untuk meninjau tag yang terkait dengan profil kalian, ya.

    Baca juga:  Tips Biar Gak Ketahuan Online di Instagram

    Syarat untuk mengajukan akses monetisasi iklan IGTV adalah minimal memiliki 10 ribu followers atau memiliki jumlah penonton 600 ribu kali selama 60 hari terakhir. Ini mencakup video on demand, live, atau live sebelumnya.

    IG Live Room

    Kalian sekarang sudah bisa mengundang teman ke IG Live hingga 4 orang sekaligus. Nah ini bisa dimanfaatkan untuk menandai atau menyematkan produk selama live berlangsung, lho.

    IG Subscriptions

    Yang paling baru adalah fitur berlangganan yang akan segera diluncurkan oleh Instagram dalam waktu dekat.

    Fitur ‘subscribe’ ini hadir bagi para followers yang ingin mendukung kreator kesukaannya agar tetap berkarya. Fitur ini nantinya bisa digunakan untuk mengakses konten-konten eksklusif dari sang kreator.

    Nantinya, followers yang berlangganan bisa mengakses konten khusus ‘subscriber-only’ seperti IG Live dan IG Story. Followers juga akan mendapat lencana berwarna ungu di username yang menunjukkan kalau mereka telah berlangganan konten si kreator.

    Kabar baik lagi, Instagram mengaku takkan memotong biaya langganan ini hingga setidaknya 2023. Jadi, kreator bisa full dapat cuan tanpa perlu memikirkan biaya platform.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini