Gadget

7 Kemampuan Kelas Atas yang ada di Mediatek Dimensity 1200

  • 25 October 2021
  • Bagikan :
    7 Kemampuan Kelas Atas yang ada di Mediatek Dimensity 1200

     

    Uzone.id - Produsen chip asal Taiwan telah memperkenalkan prosesor kelas atas, Dimensity 1200, yang diklaim bisa memperlancar kinerja dan performa smartphone di era 5G. Tak hanya 5G, Dimensity 1200 memiliki performa yang semakin ditingkatkan di sana sini, menjadikannya prosesor untuk smartphone canggih.

    Tidak heran jika prosesor ini dipercayakan untuk bisa memacu kinerja smartphone flagship. Pasalnya, selain 5G ada juga peningkatan pada kemampuan AI, fotografi atau kamera, dan performa gaming yang sangat tinggi.

    Berikut ini beberapa fitur yang bisa diandalkan di Mediatek Dimensity 1200.

    1. Performa Ultra-cepat

    Dimensity 1200 diklaim memiliki performa ultra-cepat berkat teknologi 6nm, membuatnya jadi prosesor smartphone paling cepat di kelasnya. Prosesor octa-core ini terdiri dari satu ultra-core (Arm Cortex-A78 core – 3GHz), tiga super-core (Arm Cortex-A78 - 2.6GHz), dan empat core lainnya (Arm Cortex-A55 - 2GHz). Prosesor ultra-core 3GHz menghadirkan kinerja CPU lebih cepat 22 persen, juga hemat daya sampai 25 persen.

    Baca juga: Xiaomi Buka-bukaan Soal Kenaikan Harga Ponsel

    Chipset ini juga mendukung memori quad-channel dan penyimpanan UFS 3.1 dual-channel dengan throughput data hingga 1,7GB/s. Artinya, chip ini tidak hanya akan menghasilkan transfer data yang lebih cepat tetapi juga peluncuran aplikasi yang lebih cepat, kinerja bebas lag, dan multi-tasking yang mulus.

    1. 5G untuk semua

    Chipset ini telah diuji dan disertifikasi TUV Rheinland dalam 72 skenario, termasuk kecepatan data 5G, performa jaringan, konsumsi daya, kinerja, dan lainnya. Berkat peningkatan khusus seperti Mode Lift 5G dan Mode 5G HSR, chipset ini memastikan pengalaman 5G yang mulus di mana saja.

    Chipset ini juga memberikan peningkatan hemat daya pada baterai, yang memastikan baterai ponsel cerdas bertahan sepanjang hari, bahkan saat beroperasi di jaringan 5G sepanjang waktu. MediaTek Dimensity 1200 juga merupakan chip pertama yang mendukung kemampuan dual SIM-5G (5G SA + 5G SA). Kinerja di kedua 5G juga lebih konsisten dengan pengalaman panggilan audio dan video terbaik di kedua SIM.

    1. AI yang ditingkatkan

    Bisa dibilang, Dimensity 1200 merupakan prosesor Mediatek dengan teknologi AI tercepat dan tercanggih yang pernah ada. Ini memungkinkan berkat APU 3.0 enam-core. Chipset ini mengurangi latensi dan meningkatkan efisiensi day sehingga bisa diandalkan untuk perangkat multi-tasking. Artinya, peningkatan kinerjanya mencapai 12,5 persen dibanding generasi sebelumnya.

    1. Tangkapan kamera keren

    Bisa dibilang, Mediatek Dimensity 1200 mampu membuka semua kemampuan kamera yang ada di smartphone. Memungkinkan pengguna smartphone merekam video dengan format 4K HDR dan dynamic-range 40 persen lebih baik. Kamera smartphone juga bisa mengambil gambar dengan resolusi sampai 200MP berkat ISP 5-core. Mode Pemotretan Malam juga lebih cepat dan mendapatkan peningkatan kinerja saat cahaya rendah. Berkat peningkatan AI baru, pengguna juga mendapatkan performa kamera yang lebih baik dalam fitur berbasis AI seperti AI Panorama Night Shot, kemampuan AINR + HDR simultan, dan lainnya.

    1. Teknologi game paling mumpuni

    Teknologi game di chipset ini dibekali dengan HyperEngine 3.0 yang dipercaya bisa meningkatkan pengalaman gaming menggunakan smartphone. PQ Engine 3.0 yang baru memungkinkan ray tracing di game seluler. Jadi, jika game favorit Anda mendukung ray tracing, MediaTek Dimensity 1200 akan memungkinkan Anda merasakan game dengan bayangan realistis dan pantulan seperti aslinya.

    HyperEngine 3.0 juga menghadirkan peningkatan efisiensi daya sampai  kinerja 5G yang lebih baik saat bermain game. Ada juga dukungan untuk Bluetooth 5.2 dan LC3 yang menghasilkan latensi sangat rendah untuk pengalaman audio. Itu berarti saat menggunakan headphone Bluetooth dalam bermain game dijamin tak akan ada jeda audio.

    1. Refresh rate tinggi

    Prosesor MediaTek Dimensity 1200 mendukung tampilan refresh tinggi, yakni sampai 168Hz. Ini berarti pengguna akan mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih lancar, termasuk kecepatan mengoperasikan UI layar, halaman web, aplikasi, dan lainnya.

    1. Pengalaman hiburan yang menarik

    Bagi yang belum tahu, Mediatek memiliki teknologi bernama MiraVision, yang memungkinkan perangkat memiliki tampilan HDR dengan visual kelas bioskop. MediaTek Dimensity 1200 menghadirkan banyak peningkatan pada MiraVision untuk meningkatkan pengalaman menonton film. Pertama, konverter AI SDR ke HDR yang populer ditingkatkan dengan penyetelan kualitas gambar per bingkai dinamis yang menghasilkan konversi yang lebih baik dan lebih konsisten.

    Baca juga: Xiaomi Resmi Daftarkan Bisnis Mobil Listriknya

    Kedua, teknologi AI-ClearStreaming baru meningkatkan kualitas gambar di aplikasi konferensi video dan streaming langsung. Fitur ini sangat penting di era ketika sebagian besar dari kita bekerja dari rumah dan menghabiskan sebagian besar waktu dalam rapat dan konferensi online. Ada juga pemutaran video HDR10+ yang ditingkatkan bersama dengan decoding video AV1. Bahkan meningkatkan video HDR10 lama ke HDR10+ dengan menyesuaikan setiap frame secara dinamis. Semua fitur ini bekerja sama untuk memberi pengalaman sinema yang menarik.

     

    Mediatek mengaku jika vendor smartphone asal China sudah banyak yang memesan prosesor kelas atas ini. Salah satunya adalah Xiaomi yang akan menyematkan Dimensity 1200 di Xiaomi 11T yang sudah mendapatkan sertifikat TKDN. Apakah produk tersebut akan diluncurkan dalam waktu dekat di Indonesia? Kita tunggu saja.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini