home ×
Auto

7 Teknologi Canggih pada Mobil Toyota Masa Depan

20 May 2020 By
7 Teknologi Canggih pada Mobil Toyota Masa Depan
Share
Share
Share
Share

Toyota LQ (Foto: Toyota Global)

Pasti kita bertanya-tanya mengapa harga mobil baru varian sama semakin mahal dari tahun ke tahunnya. Itu tak lepas dari upgrade fitur teknologi yang ditanamkan oleh perusahaan agar semakin nyaman dan aman bagi penghuni.

Lagian, kalau pabrikan tak melakukan upgrade teknologi, siap-siap saja akan ditinggalkan konsumen karena melirik merek lain lebih oke kemajuan teknologinya.

Nah, Toyota juga sudah menciptakan fitur teknologi yang akan ditanamkan pada kendaraan di masa depan, seperti terdapat pada mobil purwarupa Toyota LQ. Mau tahu? simak ulasan berikut ini.

 

1. Fitur Yui

Yui merupakan teknologi kecerdasan (artificial intelligence) buatan Toyota yang bisa menawarkan pengalaman pribadi lewat emosi serta kewaspadaan pengemudi selama di jalan. 

Yui juga bisa diajak komunikasi interaktif lho gaes. Yui bisa ngobrol dengan penghuni mobil.

 

 

2. Parkir Valet Otomatis

Mirip dengan teknologi park assist milik BMW, Toyota juga bikin fitur parkir valet otomatis sehingga pengemudi manula, wanita hamil bisa mudah mendapat parkir terdekat tanpa ribet.

 

Fitur ini menjaga maksimal ruang pada tempat parkir dengan mengurangi jarak antar kendaraan hingga 20 cm. Fitur ini mengandalkan kamera, sonar dan radar serta pemetaan jalan 2 dimensi.

Dibantu juga oleh sensor dan kamera parkir pada fitur parkir valet otomatis untuk mendeteksi adanya kendaraan lain atau pejalan kaki.

 

3. Fitur Komunikasi Mesin dengan Manusia

Toyota LQ memakai platform komunikasi intuitif antara manusia dengan mobil. Mirip sama mobil Knight Industries Two Thousand (KITT) di film Knight Rider.

Teknologi itu ditanamkan di area atap dan lantai. Bisa memberi informasi kondisi permukaan jalan lewat Digital Micromirror Device (DMD).

Fitur DMD dipasang pada lampu depan di mana cara kerjanya mengaktifkan satu juta cermin kecil. Cermin tersebut memproyeksikan tampilan jalanan yang dilalui kendaraan.

BACA JUGA: 20 Mobil Terlaris April 2020, Avanza Melorot ke Posisi 6

4. Fitur AR-HUD

Toyota bekerja sama dengan Panasonic menciptakan fitur Augmented Reality Head-up Display (AR-HUD) yang bisa mendukung berkendara lebih aman dengan mengurangi gerakan mata pengemudi.

AR-HUD bisa memberi informasi seputar rambu-rambu jalan, peringatan jalur yang benar hingga rute ditampilkan tiga dimensi lewat layar.

 

5. Dahsboard OLED

Toyota menciptakan dahsboard dan panel instrumen pakai layar OLED (Organic LED). Instrumen itu memberikan visibilitas lebih baik kepada pengemudi selama berkendara.

 

6. Fitur Udara Dalam Kabin

Toyota bekerja sama dengan Aisin Chemical Co.. Ltd dan Cataler Corporation menciptakan fitur yang bisa mengurai ozon menjadi oksigen dengan memanfaatkan lapisan katalis yang disimpan di interior mobil. 

Katalis itu memungkinkan ozon pada permukaan tanah bisa terurai saat mobil bergerak.

Tentu saja, fitur akan bikin penghuni lebih nyaman berkat sirkulasi udara yang sehat.

 

7. Fitur Kursi Relaksasi dan Sistem Peringatan

Toyota menciptakan fitur untuk pertama kali di dunia yang ditanamkan pada jok pengemudi, seperti terdapat pada LQ.

Jok tersebut punya beberapa kantung udara tiup bersamaan dengan sistem pendingin. Fungsi kedua fitur untuk menjaga pengemudi tetap terjaga dan rileks ketika berkendara.

Bila sistem pada fitur merasakan pengemudi lelah, kantung udara akan mengembang.

Sehingga postur duduk menjadi tegak dan membuat pengemudi tetap terjaga dan tidak mudah lelah. (sumber: Toyota)

 

VIDEO BMW Indonesia Luncurkan X6 M Sport, SUV Mewah Berdesain Nyeleneh

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Darmin Penjaga SDN KUNCI O3 22 May 2020 | 09:48:11

semakin canggih aja dunia ini....semoga jaya selalu

Latipcnk Ngembul Kidul 21 May 2020 | 14:47:12

bagus sekali itu

Latipcnk Ngembul Kidul 21 May 2020 | 14:40:18

wow sangat canggih sekali

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article