home ×
Startup

Ada 265 Ribu UMKM Kuliner Gabung GoFood pada Maret-Agustus 2020

15 September 2020 By
Ada 265 Ribu UMKM Kuliner Gabung GoFood pada Maret-Agustus 2020
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Pandemi virus corona (COVID-19) telah menggerakkan banyak pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk go digital. Faktanya, ada 265.000 UMKM kuliner sebagai mitra merchant GoFood di periode Maret-Agustus 2020.

Dalam sesi diskusi sekaligus peluncuran inovasi Daftar Mandiri GoBiz, Selasa (15/9), Head of Merchant Platform Business Gojek, Novi Tandjung mengatakan, "Sejak Maret sampai Agustus, lonjakan pengusaha yang ingin bergabung dan sudah bergabung di platform kami sangat tinggi.”

Berdasarkan riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 94 persen UMKM yang bergabung saat pandemi berskala mikro, dan 43 persen di antaranya pengusaha pemula.

Sementara itu, lebih dari 20 persen mitra UMKM GoFood yang bergabung di masa pademi telah memiliki pekerjaan sebagai karyawan swasta.

Dalam kesempatan berbeda, Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo mengatakan “Dalam empat bulan terakhir, terdapat 120.000 UMKM baru yang bergabung ke dalam ekosistem Gojek dan mempertahankan bisnisnya di tengah situasi pandemi.”

Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menemukan 94 persem dari UMKM yang beralih go digital dan bergabung ke dalam ekosistem Gojek di tengah pandemi adalah usaha mikro, dan hampir setengahnya (43 persen) adalah pengusaha pemula.

Sebagai perbandingan, dari awal berdiri, sekitar sembilan tahun yang lalu, Gojek sudah bekerja sama dengan lebih dari 600.000 ribu mitra merchant. Sebanyak 95 persen dari jumlah tersebut adalah pelaku UMKM.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article