home ×
Digilife

Ada 7 Juta Akun di Dunia yang Gunakan Password 123456

03 July 2020 By
Ada 7 Juta Akun di Dunia yang Gunakan Password 123456
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Password 123456 memang mudah diingat. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakan password ini untuk memproteksi akunnya. Hacker pun mengetahui celah ini. Bahkan diketahui dari 1 miliar password yang bocor di dunia maya, ada sekitar 7 juta yang menggunakan deret angka ini.

Analisa yang dilakukan oleh seorang mahasiswa teknik bernama Ata Hakcil, menemukan jika ada satu dari 142 password yang menggunakan pola klasik angka deret 123456. Dia meneliti semua username dan password yang bocor di dunia maya dari beberapa perusahaan.

Dipercaya, data-data ini telah bocor sejak lebih dari 5 tahun lalu. Data-data yang bocor ini secara mudah bisa diakses secara online, baik di situs Github maupun GitLab. Bahkan bisa didistribusikan melalui forum hacker dan portal berbagi file.

Baca juga: Video Review Redmi Note 9 Pro, Harga Pas

Studi yang dilakukan bulan lalu oleh mahasiswa dari sebuah universitas di Cyprus, Turki itu menganalisa lebih dari satu miliar password dan username. Dari angka itu, hanya 168.919.919 yang menggunakan password unik. Sedangkan 7 juta lainnya menggunakan password 123456. Password tersebut digunakan kembali secara berulang oleh para pemilik akun selama lima tahun belakangan.

Temuan lainnya yang ditemukan mahasiswa itu adalah rata-rata panjang password sangat tidak sesuai dengan keamanan yang dianjurkan. Pengguna rata-rata memakai 9 sampai 10 karakter password. Padalah ahli keamanan IT menyarankan penggunaan password sepanjang mungkin. Biasanya antara 16 sampai 24 karakter.

Baca juga: Jajaran Laptop Gaming Acer, Predator sampai Nitro

Yang menarik, Hakcil menemukan jika panjang password tak hanya satu-satunya yang hal mengkhawatirkan. Peneliti asal Turki itu juga menemukan adanya kompleksitas password yang tidak sesuai. Intinya, ditemukan hanya 12 persen password dari total 1 miliar data yang ditelitinya, menggunakan karakter spesial

Dala kebanyakan kasus, pengguna memilih password yang sangat mudah seperti, sekira 29 persen hanya menggunakan huruf saja atau 13 persen yang menggunakan angka saja. Dengan demikian, Hakcil menyimpulkan bahwa dari 1 miliar akun, sebanyak 42 persen mudah untuk dibobol. Salah satunya karena menggunakan password 123456.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 03 July 2020 | 14:41:24

masa iya segitu banyaknya yang pake itu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id