icon-category Digilife

Ada Gempa? Iya, Tanya Aja Twitter

  • 14 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Kalau sudah hari Jumat, biasanya banyak orang yang langsung menyiapkan mental untuk menyambut akhir pekan. Entah mau dipakai untuk tidur seharian, main game, bikin konten di media sosial, atau jalan-jalan.

    Apalagi kalau sudah menjelang sore hari, rasanya pengin buru-buru menutup laptop dan menghela nafas panjang. Akhirnya, selesai juga pekan yang berat ini. Berat, ringan, semua relatif memang.

    Tapi nuansa yang harusnya sudah mulai rileks ini tiba-tiba diguncang. Kalau kata anak Jaksel, literally diguncang.

    Gempa.

    Banyak yang lagi meeting virtual tiba-tiba ke-distract karena mejanya bergetar. Ada yang lagi duduk, lalu mendadak shock karena kursi yang ia duduki juga goyang. Sampai ada suara piring di lemari kaca ikutan terguncang menghiasi ruang makan.

    Gempa nih, gempa! Keluar ayok, semuanya keluar,” kira-kira begitu sautan dan teriakan banyak orang.

    Kalau yang sedang berada di rumah, mungkin cukup gampang tinggal buka pintu dan keluar. Bisa jadi ajang silaturahmi dadakan juga dengan tetangga yang sudah jarang bertemu gara-gara pandemi.

    “Kerasa banget, ya?”
    “Iya, nih. Sampai takut saya.”

    Lain halnya mereka yang sedang berada di dalam gedung. Entah itu gedung perkantoran, mal, dan tempat publik lain. Pasti agak repot, apalagi yang sedang berada di lantai kayangan.

    Sembari mendengar kehebohan sana-sini, biasanya anak-anak muda yang masih denial terhadap bencana, atau bahkan mereka yang nggak merasakan sensasi guncangan ini, tangannya langsung meraih ponsel pintar masing-masing dan membuka media sosial.

    Yup, Twitter to the rescue.

    Apa-apa, liat Twitter. Ada bencana dikit, cek Twitter. Ada keraguan, tanya ke Twitter.

    Benar aja, dong. Selang dua menit setelah gempa berlalu, pembahasan “Gempa” dan “Goyang” langsung masuk Trending Topic di Indonesia. Nggak tanggung-tanggung, secara berurutan jumlah cuitannya itu mencapai lebih dari 150 ribu twit dan 20 ribuan twit.

    Secepat itu pergerakan netizen Tanah Air. Ada suatu kejadian, tanyanya ke Twitter, bukan ke Google. Kenapa? Karena kalau di Twitter bakal ada interaksi dan setiap percakapan bisa dilacak.

    Nggak ada maksud membandingkan seberapa heroik Twitter dan Google juga, sih.

    Tapi, bagi yang masih nggak percaya soal gempa tadi… iya, tadi ada gempa. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa M 6,7 itu berpusat di Sumur, Banten.

    Cek Twitter, aja.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini