home ×
News

Ada WNI yang Punya 169 e-KTP

21 October 2017 By
Ada WNI yang Punya 169 e-KTP
Share
Share
Share
Share

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bercerita soal pengalamannya mengurus e-KTP. Dia mengaku beberapa kali berhubungan dengan penegak hukum karena masalah terkait kartu identitas elektronik itu. 

Salah satu pengalaman yang berkesan bagi Tjahjo adalah saat baru satu bulan menjadi menteri dalam Kabinet Kerja. Dia pernah diajak bertemu oleh Jenderal Tito Karnavian saat masih menjadi Kapolda Metro Jaya. 

Dalam pertemuan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Tito menunjukan kepada Tjahjo ada seorang WNI yang punya 169 e-KTP. "Mulai dari Belawan sampai Marauke, Belu, dan Saumlaki dia punya," kata Tjahjo dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama pemanfaatan nomor induk kependudukan di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Jumat (20/10). 

Tjahjo tidak menyebut identitas orang yang punya lebih dari 100 e-KTP itu. Dia hanya mengatakan, seluruh kartu identitas itu asli. 

Pemilik e-KTP ganda itu, sebut Tjahjo, sengaja membuat kartu identitas dalam jumlah banyak di beberapa daerah. Identitas ganda dimanfaatkan selama lima tahun untuk melakukan kejahatan. "Operasinya buka rekening dan bobol bank," ujar Tjahjo. 

Sedangkan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, menyebut masyarakat yang coba-coba membuat e-KTP ganda terbilang banyak. Perekaman ganda, dia katakan termasuk penyebab hambatan untuk menuntaskan pendataan dan pembuatan kartu identitas tersebut. 

"Ada 1,9 juta yang seperti ini (perekaman ganda)," tuturnya.

e-ktp 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id