icon-category Health

Agar Asam Lambung tak Kambuh, Hindari 7 Makanan Ini

  • 18 Feb 2018 WIB
  • Bagikan :

    Asam lambung atau acid refluks adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung. Penyakit yang juga disebut refluks gastroesofagus ini tak mudah ditangani.

    Meski banyak obat membantu mengurangi asam lambung, cara terbaik adalah menghindari konsumsi makanan penyebabnya, dilansir dari Womanitely

    Daging
    Jika Anda menderita asam lambung, beralihlah ke diet vegetarian. Tingginya kandungan lemak dalam daging, seperti daging sapi dan kambing membuat tubuh membutuhkan waktu lama mencernanya sehingga memicu asam lambung. Jika Anda tidak bisa berhenti makan daging, pertimbangkan setidaknya membatasi konsumsinya sekali sepekan.

    Gorengan
    Sama seperti daging, gorengan, termasuk kentang goreng favorit Anda meningkatkan risiko asam lambung karena kandungan lemak tinggi. Bahkan, jika Anda menggoreng daging dengan minyak zaitun (olive oil) sekalipun, hal itu tidak mengurangi kemungkinan Anda mulas karena naiknya asam lambung. Mengukus atau memanggang makanan mungkin pilihan terbaik untuk Anda.

    Kopi
    Sulit untuk mengetahui dan menerima fakta ini, tapi kopi adalah musuh Anda yang menderita asam lambung. Kopi dan minuman kafein lainnya merupakan pemicu terbesar asam lambung. Anda sebaiknya beralih ke teh herbal, teh hijau, atau setidaknya kurang asupan kopi 1-2 gelas per hari.

    Produk olahan susu tinggi lemak
    Es krim, yogurt, mentega, susu, keju adalah jenis produk susu berlemak tinggi yang memicu panas perut dan meningkatkan asam lambung. Produk susu rendah lemak mungkin pilihan terbaik, tapi siapa sangka ini juga bisa memperburuk asam lambung Anda. Sekali lagi, alternatif vegan adalah pilihan cerdas.

    Alkohol
    Secara teknis, minum alkohol meningkatkan risiko asam lambung karena 'melemaskan' jalur di kerongkongan dan perut, sehingga membuat perut super mulas. Wine, minuman keras, dan bir adalah pemicu asam lambung yang hebat.

    Minuman berkarbonasi
    Penderita asam lambug perlu berhati-hati mengonsumsi minuman berkarbonasi. Minuman ini mengandung asam yang membuat perut Anda mulas. Plus, bubble di dalamnya akan menstimulasi respons asam lambung di perut Anda.
    7. Cokelat
    Mohon maaf, pecinta coklat yang menderita asam lambung harus menghentikan kebiasaannya. Cokelat memperburuk gejala asam lambung. Theobromine dan kafein merupakan stimulan utama asam lambung yang terkandung dalam cokelat. (Mutia Ramadhani)

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini