home ×
Digilife

Akibat Krisis Chip, Hyundai Pangkas Produksi Mobil Kurang Laku 

29 March 2021 By
Akibat Krisis Chip, Hyundai Pangkas Produksi Mobil Kurang Laku 
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Krisis chip semakin meluas hingga mempengaruhi produsen otomotif khususnya pembuat mobil. Hyundai Motor dari Korea Selatan diperkirakan akan mengalami gangguan produksi mulai April mendatang karena kekurangan pasokan chip. Hal ini disampaikan oleh seorang narasumber dalam Financial Times, Senin, 29 Maret 2021.

Dikutip dari Reuters, Rabu (24/03), seorang juru bicara mengungkapkan bahwa kekhawatiran perusahaan ini terhadap pasokan chip semakin meningkat. Mereka kini sedang memantau situasi untuk mengambil tindakan apa yang perlu dilakukan serta mengoptimalkan produksi agar sejalan dengan kondisi supply.

Saham Hyundai terpantau menurun 2,2 persen pada hari Rabu, dan KOSPI lebih luas turun 0,4 persen.

Baca juga: Krisis Produksi Chip, Harga Elektronik akan Semakin Mahal

Bulan lalu, Hyundai berhasil menghindari krisis pasokan chip karena mereka pintar mempertahankan persediaan chip yang ada. Demi menghemat chip, Hyundai telah mengurangi pembuatan produk mereka yang kurang laku seperti Sonata, ungkap seorang pekerja pada Reuters bulan Februari lalu.

Sedangkan untuk mobil populer seperti Palisade, Tucson baru dan Genesis GV, produksi takkan mengulangi pengurangan. Hyundai juga diketahui telah memberhentikan produksi di weekend dan lembur pada mobil-mobil yang tak terkenal.

Tak hanya Hyundai yang harus berpikir keras untuk mengatasi krisis chip ini, Volkswagen dan General Motors sudah lebih dulu memangkas produksi kendaraan mereka. Tentu ini mendorong negara-negara di dunia termasuk Jerman dan Amerika Serikat untuk secepatnya membereskan masalah krisis ini.

Baca juga: Efek Hubungan AS-China, Chip Bekas Jepang Laku Keras

Dikutip dari The Guardian, Neil Campling, analis media dan teknologi di Mirabaud mengatakan jika Chip adalah segalanya.

“Terjadi badai besar dalam faktor penawaran dan permintaan di sini. Namun pada dasarnya, ada tingkat permintaan baru yang tidak dapat dipenuhi, semua orang berada dalam krisis dan hal ini semakin parah terjadi,” tambahnya.

Ford baru-baru ini membatalkan shift di dua pabrik mobilnya sebab kerugian hingga USD 2,5 miliar tahun ini karena kekurangan chip, sementara Nissan menghentikan produksi di Meksiko dan AS.

Sony, bersama pembuat konsol lainnya telah berjuang karena kekurangan stok selama setahun terakhir, mereka mungkin tak mencapai target penjualan PS5 baru karena masalah ini. Microsoft Xbox telah memperkirakan krisis ini akan terus berlanjut hingga paruh kedua tahun ini.

Contoh paling nyata dari dampak dari krisis semikonduktor ini adalah Samsung, pembeli chip kedua terbesar setelah Apple ini mungkin harus menunda peluncuran smartphone kelas atas mereka karena krisis ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id