Akhirnya Mode Gelap WhatsApp Hadir di iOS dan Android

04 March 2020 - by

Uzone.id - Setelah melakukan rangkaian uji coba, akhirnya fitur Dark Mode atau mode gelap untuk WhatsApp akhirnya tersedia untuk pengguna iOS dan Android.

Dikutip oleh Uzone.id melalui blog resminya, Mode gelap untuk WhatsApp menawarkan tampilan baru pada pengalaman yang familier. Fitur ini dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah.

Advertising
Advertising

“Kami harap fitur ini dapat membantu mencegah situasi yang tidak nyaman ketika telepon Anda menerangi ruangan,” tulis pihak WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp jadi Incaran Hacker

Ketika merancang mode gelap, pihak pengembang WhatsApp meluangkan waktu untuk melakukan penelitian dan eksperimen dengan berfokus pada dua area:

Keterbacaan: Ketika memilih warna, WhatsApp ingin meminimalkan kelelahan mata dan menggunakan warna yang lebih mendekati default sistem pada iPhone dan Android.

Hierarki Informasi: WhatsApp ingin membantu pengguna agar dapat dengan mudah memusatkan perhatian mereka pada setiap layar.

Baca juga: Hacker Manfaatkan Corona Buat Sebar Malware

“Kami melakukan hal ini dengan menggunakan warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok,” tambah mereka.

Pengguna Android 10 dan iOS 13 dapat menggunakan mode gelap dengan mengaktifkannya di pengaturan sistem.

Pengguna Android 9 atau yang lebih lama dapat mengaksesnya dengan membuka Setelan WhatsApp > Chat > Tema > pilih ‘Gelap’.