Apple Setop Penjualan MacBook 12 Inci

10 July 2019 - by

(Foto: Cnet)

Uzone.id -- Apple memutuskan untuk menyetop penjualan laptop MacBook 12 inci. Padahal usia produk ini baru empat tahun dan dikenal sebagai laptop super tipis nan ringan.

Hal ini bukan sekadar wacana lagi, sebab penjualan MacBook 12 inci ini telah ditarik dari berbagai Apple Store. 

Apple diketahui tidak memperbarui MacBook 12 inci-nya itu. Keunggulan laptop satu ini memang persoalan desain yang begitu minimalis, dengan bobot yang super ringan dan ketipisan yang bikin ngiler. Namun, MacBook 12 inci dianggap sebagai produk lemah jika dibandingkan dengan laptop Apple lain.

Baca juga: MacBook Pro 16 Inci Dirilis September?

Mengutip The Verge, MacBook 12 inci cukup bersaing dengan MacBook Pro entry-level, khususnya di harga. MacBook 12 inci harga keduanya gak beda jauh, sekitar US$1.299 atau setara Rp18,3 juta. 

Sayangnya, dari segi performa, MacBook Pro dianggap masih lebih unggul dibanding MacBook 12 inci. Apalagi layar MacBook 12 inci gak menggunakan Retina.

Rencananya, Apple akan tetap menjual MacBook 12 inci melalui saluran edukasi dan reseller. Pada dasarnya, produk ini gak sepenuhnya lenyap dari pasaran, hanya saja Apple lebih mengarahkan konsumennya ke produk baru.

Baca juga: Daftar Produk Apple yang Didesain Jony Ive

Sebagai penggantinya, Apple tengah mempersiapkan MacBook Air baru yang dirancang ulang menggunakan layar Retina. MacBook Air kabarnya gak akan seringan dan setipis MacBook 12 inci, namun dipastikan akan lebih kuat dan mumpuni.

Apple juga siap memasang harga lini MacBook Air baru gak akan semahal MacBook 12 inci. Sebagai bayangan, MacBook Air yang saat ini dijual di pasaran saja, harganya ‘hanya’ US$1.099 atau sekitar Rp15,5 juta.