Apple Watch Bakal Pasang Teknologi Deteksi Kelainan Jantung

pada 7 tahun lalu - by

Apple dikabarkan sedang mengembangkan slah satu fitur baru andalan pada salah satu perangkat jam tangan pintar atau Apple Watch.

Nantinya Apple Watch bakal mampu mendeteksi kelaianan pada jantung penggunanya serta mampu menganalisis tekanan darah pada tubuh. Bocoran tersebut diketahui dari paten yang diajukan Apple ke United States Patent and Trademark Office (USPTO).

Dilansir dari laman Patenly Apple, dalam dokumen yang dirilis oleh lembaga paten dan merek dagang Amerika Serikat Apple mengajukan paten yang berkaitan dengan metode untuk mengukur waktu transit denyut nadi dan menghitung nilai tekanan darah menggunakan waktu transit dari aliran denyut nadi tersebut.

Salah satu perangkat yang bakal mendukung teknologi canggih Apple itu adalah jam tangan pintar yang mampu terhubung dengan perangkat iPhone penggunanya. Nantinya Apple Watch akan dilengkapi dengan sensor seperti akselerator, sendor tekanan denyut nadi yang disebut dengan photo-pletysmogra, (PPG), dan juga kontroler.

Sementara itu, pengembangan teknologi untuk mendeteksi kelainan jantung dan tekanan darah di Apple Watch hadir menyusul Apple masuk Pilot Program Designed to Fast Track Mobile Device Innovations yang diluncurkan FDA bulan lalu. Program tersebut yang memungkinkan Apple mendapatkan izin lebih cepat untuk mengembangkan teknologi kesehatan.

Bukan kali ini saja dikabarkan mengembangkan fitur kesehatan baru buat perangkat Apple Watch. Awal tahun ini, mereka juga mengembangkan teknologi untuk memantau kadar glukosa bagi penderita diabetes. Bahkan CEO Apple Tim Cook pernah terciduk pada pertengahan Mei lalu tengah memakai prototipe perangkat yang mampu mendeteksi kadar glukosa yang terhubung ke Apple Watch miliknya.