Huawei P40 Pro Bakal Rilis Maret, Masih Tanpa Google

18 December 2019 - by

Ilustrasi peluncuran ponsel Huawei (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Huawei Mate 30 Pro baru saja dirilis beberapa bulan lalu dan dijual ke konsumen tanpa Google Mobile Service (GMS) di dalamnya. Tak lama lagi, penerusnya sudah siap hadir, masih tanpa Google.

Dalam sebuah wawancara, CEO Huawei Consumer Grup Richard Yu memastikan P40 dan P40 Pro sesuai jadwal akan dipekenalkan pada sebuah acara di Paris, Prancis, Maret mendatang.

Advertising
Advertising

Seperti dikutip Cnet, Yu menambahkan P40 Pro akan berjalan di Android 10 tanpa Google Mobile Service. Karena tentu saja Huawei dimasukan ke dalam daftar hitam oleh Pemerintah Amerika Serikat.

Baca juga: Spesifikasi Resmi Huawei Nova 6 SE

Akibatnya, Huawei tidak dapat menggunakan teknologi perusahaan AS, salah satunya dengan melisensikan software Google. Android 10 masih bisa digunakan, karena sistem operasi itu open source.

Namun fitur atau layanan di GMS, seperti akses Google Play Store, Maps, Uber dan yang lainnya memerlukan lisensi, ini yang tak bisa digunakan di ponsel Huawei.

Ponsel Huawei cenderung terus terjual dalam jumlah besar, karena sebagian besar pelanggan mereka ada di China.

Baca juga: Prediksi Huawei Soal Tren Teknologi 2020

Sementara Google tidak beroperasi di Negeri Tirai Bambu itu, jadi tidak ada ponsel Huawei yang memiliki akses ke Layanan Seluler Google. Karena itu, daftar hitam AS tidak menjadi masalah di negaranya sendiri.

Lalu seperti apa spesifikasi Huawei P40 dan P40 Pro nanti.

“Masa pakai baterai yang lebih baik dan pengaturan kamera yang lebih baik adalah apa yang dapat kita nantikan dengan P40 Pro,” kata Yu kepada pers Prancis.

VIDEO HANDS-ON SAMSUNG GALAXY FOLD: