10 Perusahaan Otomotif Incaran Pencari Kerja

pada 8 tahun lalu - by
Otomotif merupakan salah satu industri yang tumbuh subur di Indonesia, tak heran jika kemudian banyak para pencari kerja yang coba peruntungan di sana.

Riuhnya industri otomotif bisa dilihat dari tumbuhnya angka penjualan kendaraan setiap tahunnya, belum lagi beragam pameran kendaraan yang setiap tahunnya diselenggarakan. Saat ini saja ada pameran otomotif terbesar seperti GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang sedang dihelat saat ini hingga 21 Agustus mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang. Banyak mobil konsep yang dipamerkan di sini.

Di Indonesia otomotif juga salah satu industri yang menggerakkan roda ekonomi bangsa. Mulai beragam lini binis baru yang tumbuh, hingga penyerapan sumber daya manusia yang tidak sedikit. Otomotif memang menjadi salah satu incaran para pencari kerja.

Platform komunitas pencari kerja, Jobplanet melakukan riset untuk mengetahui seberapa besar minat pencari kerja di industri otomotif. Mereka melakan riset berdasarkan data yang terkumpul melalui situs webnya selama semester I-2016 atau Januari–Juni 2016. Dalam riset ini, Jobplanet menggunakan 480 perusahaan otomotif yang terdaftar dalam situsnya sebagai sampel.

Anak perusahaan Astra paling diminati

Berdasarkan analisis terhadap jumlah pageview atau kunjungan ke laman-laman perusahaan yang bergerak di industri otomotif di situsnya, Jobplanet menemukan bahwa kebanyakan perusahaan otomotif yang menarik perhatian para pencari kerja di Indonesia adalah perusahaan-perusahaan yang berafiliasi dengan Grup Astra.

Tiga perusahaan otomotif yang lamannya paling banyak dikunjungi oleh pencari kerja, misalnya, merupakan perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan Grup Astra. Mereka adalah PT Astra Honda Motor yang lamannya mendapatkan jumlah kunjungan terbanyak, yakni sebesar 20,17%; diikuti oleh PT Toyota Astra Motor sebesar 10,05% dan PT Astra International Tbk sebesar 8,01%.

“Jumlah kunjungan ke laman suatu perusahaan menunjukkan keingintahuan pencari kerja akan seluk-beluk perusahaan tersebut. Astra merupakan pemain besar dalam industri otomotif, dan telah memiliki ratusan ribu anak perusahaan. Jadi, tak mengherankan jika para pencari kerja penasaran dengan seluk-beluk berbagai perusahaan yang berafiliasi dengan Astra,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Berikut sepuluh perusahaan otomotif yang paling menarik perhatian pencari kerja di Jobplanet.com:

  1. PT Astra Honda Motor (20,17%)

  2. PT Toyota Astra Motor (10,05%)

  3. PT Astra International Tbk (8,01%)

  4. PT Gajah Tunggal Tbk (7,82%)

  5. PT Astra Daihatsu Motor (4,94%)

  6. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (4,93%)

  7. PT Honda Prospect Motor (3,99%)

  8. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (3,46%)

  9. PT Astra Otoparts Tbk (1,82%)

  10. PT Astra International Tbk – Toyota Sales Operation (0,83%)


Dari riset ini, Jobplanet menemukan bahwa bukan hanya anak-anak perusahaan Astra yang menarik perhatian pencari kerja, tapi juga Grup Astra sebagai konglomerasi secara keseluruhan. Hal ini terlihat dari PT Astra International Tbk yang menempati posisi ketiga perusahaan dengan jumlah kunjungan tertinggi.

Perusahaan dengan tingkat kepuasan karyawan tertinggi

Jobplanet juga melakukan riset untuk mencari tahu tingkat kepuasan karyawan perusahaan otomotif secara umum terhadap perusahaan mereka. Dalam riset ini, Jobplanet menganalisis data dari 2.500 orang responden karyawan perusahaan otomotif yang tersebar di seluruh Indonesia, yang terkumpul melalui situsnya selama semester I-2016.

Dari analisis tersebut, Jobplanet menemukan bahwa rata-rata tingkat kepuasan karyawan otomotif selama semester I-2016 secara keseluruhan adalah sebesar 3,70 dari poin tertinggi 5,0 yang mewakili penilaian “sangat puas”. Lalu, bagaimana dengan tingkat kepuasan karyawan di sepuluh perusahaan otomotif yang paling menarik perhatian pencari kerja di Indonesia selama semester I-2016? Detailnya dapat dilihat sebagai berikut:

[caption id="" align="alignnone" width="650"]10 perusahaan paling diburu pencari kerja (dok.Jobplanet)[/caption]

Ada berbagai faktor internal yang memengaruhi tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Di antaranya, jenjang karier, gaji dan tunjangan, work-life balance (keseimbangan hidup), budaya perusahaan, dan faktor manajemen.

“Dari analisis yang Jobplanet lakukan, kami menemukan bahwa enam dari sepuluh perusahaan otomotif yang paling diminati oleh para pencari kerja memiliki tingkat kepuasan karyawan di atas rata-rata tingkat kepuasan karyawan dalam industri otomotif. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu alasan mengapa mereka diminati oleh banyak pencari kerja,” papar Kemas.