10 Smartphone Murah untuk Main Game, Mulai Rp2 Jutaan Doang

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Pengin maingameAndroid yang berkualitas, gak perlu lah merogoh kocek dalam-dalam buat belismartphone flagshipyang membawa spesifikasi kelas tinggi. Buat sekadar maingame, apalagi tak seintens parapro player, rasanya membelismartphoneharga murah dengan spesifikasi mumpuni sudah lebih dari cukup.

Saat ini, ada banyak pilihan ponsel dengan spesifikasi yang oke buat maingame. Dan, harganya pun gak akan menguras habis isi ATM kalian.

Nah, timUzone sudah merangkum 10smartphoneharga murah yang pas banget digunakan buat maingame. Tenang, spesifikasinya gak kentang kok. Tetap oke buatnge-game

Tecno Pova 4 Pro

Tecno Pova 4 Pro merupakansmartphoneRp2 jutaan yang mengusung spesifikasi mumpuni di kelasnya. Bayangkan,smartphoneini dibekali dengan layar AMOLED berukuran 6,66 inci dengan resolusi Full HD+ dan bahkan dilengkapi fiturrefresh rate90Hz yangsmooth.

Dapur pacunya menggunakan prosesorgamingkelas menengah dari MediaTek, yakni Helio G99.Chipsetdengan arsitektur 6nm itu memang sering diandalkan oleh vendorsmartphoneuntuk menyuguhkan produk dengan performa yang bagus di harga yang lebih terjangkau.

Baca juga:10 Smartphone untuk Main Genshin Impact, Harga dari Rp3 Jutaan

Mendukung Helio G99, Tecno membenamkan RAM 8 GB dengan media penyimpanan seluas 128 GB atau 256 GB di Pova 4 Pro. Untuk memaksimalkan potensigaming-nya, disediakan juga fitur seperti Panther Engine 2.0 dan Game Space 2.0 untuk menjaga performa tetap stabil selama menjalankan aktivitasgaming.

Jangan khawatir cepat kehabisan daya, karena Tecno Pova 4 Pro juga ditopang baterai berkapasitas 6.000 mAh yang mendukungfast charging45W. 

Pengalaman maingamepun tetap imersif berkat speaker stereo dan jack audio 3,5mm pada ponsel ini.

Infinix Zero 20

Infinix Zero 20 memang diperuntukkan buat pengguna yang senangngevlog, mengingat kamera depannya beresolusi 60 MP dan sudah dilengkapi OIS (optical image stabilization).

Kendati begitu, Infinix Zero 20 pun tergolong mumpuni untuk menunjang aktivitasgamingpengguna. Apalagi, harga Infinix Zero 20 di Indonesia berkisar Rp3 jutaan saja.

Infinix Zero 20 punya layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+. Dukunganrefresh rate-nya pun sudah 90Hz, sehingga memberikan sensasi mulus saat bermaingameyang mendukung FPS tinggi.

Baca juga:Infinix Zero 20 Punya Kamera Selfie 60MP OIS, Cocok buat Ngevlog

Untuk menunjang kegiatangaming,smartphoneini ditenagai prosesor MediaTek Helio G99 yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. 

Agar kinerjanya tetap terjaga, Infinix menyertakan sistem pendingin ‘VC Liquid-cooled’ danvapor chamberuntuk menjaga ponsel tidakoverheatsaat dipakai aktivitasgamingyang cukup memberatkan.

Kapasitas baterainya memang tidak terlalu impresif, lantaran 4.500 mAh saja. Tapi, kalian bisa mengisinya dalam waktu yang singkat berkatfast charging45W.

Redmi 10 5G

Dijual di harga mulai Rp2,3 jutaan saja, Redmi 10 5G pun bisa jadi pilihan bagi kalian yang sedang mengincarsmartphoneharga murah untuk maingame

Lagi-lagi, ponsel di daftar rekomendasi kami ditenagai prosesor besutan MediaTek. Namun bukan Helio G Series, melainkan Dimensity 700 yang sudah mendukung jaringan 5G.

Prosesor dengan arsitektur 7nm tersebut terdiri dari dua kluster CPU, 2-core Cortex A76 dengan kecepatan 2,2 GHz dan 6-core Cortex A55 yang punyaclock-speed2 GHz.

Ada dua jenis RAM 4 GB dan 6 GB, dipadukan dengan memori penyimpanan 128 GB. Untuk baterai,smartphoneini ditopang baterai 5.000 mAh yang didukungfast charging18W. 

Baca juga:Pakai Prosesor Dimensity 700, Segini Skor Benchmark Redmi 10 5G

Tentu saja ada fiturgamingyang tersedia di Redmi 10 5G, namanya Game Turbo. Fitur tersebut dapat ditemui di bagian Special Features di Settings. Dengan Game Turbo, kinerja ponsel dapat dimaksimalkan untukgame-gameterpilih yang dimasukkan ke dalam daftar.

Adapun untuk layar, Redmi 10 5G dilengkapi dengan panel IPS LCD berukuran 6,58 inci dengan resolusi Full HD+. Resolusi yang cukup tinggi untuk sekelas ponsel Rp2 jutaan, apalagi layar tersebut telah mendukungrefresh rate90Hz.

Infinix Note 12 2023

Lagi-lagi dari Infinix, yakni seri Note 12 2023 yang juga menjagokan panel AMOLED dan prosesor ngebut untuk menunjang aktivitasgamingpengguna.

Dipasarkan dengan harga mulai Rp2,6 jutaan, Infinix Note 12 2023 menawarkan panel layar AMOLED berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD+. Untuk memberikan pengalaman visual yang imersif, diberikan fiturtrue-color, memungkinkan suguhan warna pada layar terasa lebih maksimal.

Kendati begitu, memang cukup disayangkan melihat ponsel ini tak mendukungrefresh rateyang tinggi. Di sektor dapur pacu, lagi-lagi MediaTek Helio G99 menjadi mesin utama darismartphoneharga murah untuk maingameini.

Baca juga:Foto: Infinix Note 12 2023, Ponsel Anak Muda Ramah Dikantong

Dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB/256 GB, kemudian baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang dapat diisi dayanya menggunakanfast charging33W. 

Seperti ponsel kebanyakan, tersedia juga fitur Extended RAM untuk menambah kapasitas RAM secara virtual agar maingameterasa lebih oke.

Poco M5

SmartphoneRp2 jutaan lainnya yang tak cuma murah, tapi cukup bisa diandalkan untuk main berbagai judulgameyang tersedia di Android. 

Ya, Poco M5 yang dijual mulai Rp2 jutaan saja.Smartphonetersebut juga ditenagai MediaTek Helio G99 sebagai dapur pacu utamanya.

Prosesor ini memang jadi ‘primadona’ bagi segelintir ponsel murah yang menargetkan paragamerbudgetcekak’ agar tetap bisa bermain dengan baik. Buat menunjang performanya agar tetap stabil dan oke, terdapat fitur Game Turbo yang dikombinasikan dengan sistem Hyper Engine 2.0 dari MediaTek.

Baca juga:Review Poco M5: Pas untuk Harian

Keduanya mampu mengoptimalkan performagamingponsel. Apalagi, tersedia RAM LPDDR4X 4 GB dengan memori hingga 128 GB, serta baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang bisa diisi penuh menggunakan adaptorfast charging18W.

Kalau ngomongin layar, memang agakimba, karena cuma berjenis IPS LCD berukuran 6,58 inci. Tapi untungnya, panel tersebut dapat menyuguhkan konten di resolusi Full HD+ denganrefresh ratesampai 90Hz.

Realme 10

Berikutnya Realme 10 yang juga dijual di Indonesia dengan harga Rp2,4 jutaan.Smartphoneharga murah untuk maingameyang satu ini memang diperuntukkan bagigamerdenganbudgetterbatas, tapi tetap ingin kelihatan trendi.

Ya, selain desain yang ciamik, spesifikasi Realme 10 memang pantas membuatnya masuk ke rekomendasiUzone.id. Ditenagai MediaTek Helio G99,smartphoneini menyuguhkan tiga pilihan RAM dan memori penyimpanan, yaitu 4/128 GB, 8/128 GB. dan 8/256 GB.

Selain fitur khususgameyang disediakan untuk menunjang aktivitasgamingpengguna, terdapat pula fitur Dynamic RAM yang membuat kapasitas RAM bertambah dengan memanfaatkan sebagian kecil penyimpanan internal.

Baca juga:Komparasi Realme 10 vs Poco M5: Prosesor Sama, Lebih Bagus Mana?

Daya tahannya pun gak bikin kalianworrysaat bermaingamedalam durasi yang lama. Terdapat baterai 5.000 mAh denganfast charging33W untuk mempersingkat waktu pengisian dayanya.

Di bagian layar, Realme 10 mengusung panel layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+.Refresh ratelayar ini mencapai 90Hz, memberikan sensasismoothuntukscrollingaplikasi maupungaming.

Vivo Y22

Rekomendasismartphone gamingharga murah berikutnya adalah Vivo Y22 yang dijual di Indonesia dengan harga mulai Rp2,3 jutaan. Gak sampai Rp3 juta, kalian sudah mendapatkansmartphonedengan prosesorgamingmenengah dari mediaTek, yakni Helio G85.

Memang tak sengebut Helio G99, namun Vivo memberikan sejumlah fiturgaminguntuk memaksimalkan potensi SoC (system on chip) MediaTek tersebut. Seperti Multi Turbo 5.5, Ultra Game Mode 2.0 dan Cooling System yang akan menghadirkan performa yang lebih cepat, efisien dan luar biasa saat bermaingame.

Vivo Y22 membawa RAM 4 GB atau 6 GB, dengan penyimpanan internal sampai 128 GB. Baterainya juga terbilang jumbo dengan kapasitas 5.000 mAh dan sudah mendukungfast charging18W.

Vivo Y22 di Indonesia mengusung layar IPS LCD berukuran 6,55 inci dengan resolusi HD+. Gak ada fiturrefresh rate, tapi Vivo membenamkan fitur untuk melindungi mata paragamerdari cahaya biru yang bikin sakit mata.

Samsung Galaxy A14 5G

Smartphoneterbarunya Samsung, Galaxy A14 5G juga masuk ke rekomendasi kami. Dijual Rp2,9 jutaan, Samsung Galaxy A14 5G mengandalkan prosesor MediaTek Dimensity 700 sebagai dapur pacu utamanya.

Kendati fiturgaming-nya tak selengkap kompetitor, namun Samsung tetap menyertakan fitur RAM Plus untuk meningkatkan kinerja ponsel saat bermaingame.

Jadi, Samsung Galaxy A14 5G dilengkapi RAM 6 GB yang dapat di-upgrade6 GB lagi secara virtual sehingga kapasitas RAM-nya menjadi 12 GB. Ditambah penyimpanan internal 128 GB yang dapat diperluas dengan microSD sampai 1 TB.

Baca juga:Harga Samsung Galaxy A14 5G di Indonesia Lebih Murah, Rp2 Jutaan Doang

Baterainya sendiri gak akan mengecewakan, lantaran Samsung Galaxy A14 5G ditopang baterai 5.000 mAh dengan dukunganfast charging15W.

Di bagian layar, Panel IPS LCD berukuran 6,6 inci disematkan padasmartphoneini. Cukup oke fiturnya, mulai dari resolusi Full HD+ danrefresh rate90Hz.

Vivo T1

Rekomendasismartphoneharga murah untuk maingameyang berikutnya adalah Vivo T1. Ditopang SoC MediaTek Dimensity 810, tentu performa yang diberikannya jauh lebih baik dari Vivo Y22. 

Apalagi, terdapat fitur Extended RAM yang memungkinkan ponsel ini memiliki RAM total 12 GB.Plus, terdapat memori penyimpanan 128 GB atau 256 GB, yang bisa ditambah menggunakan microSD sampai 1 TB.

Biar mesin utamanya tetap stabil, ada sistem Liquid Cooling yang bisa mendinginkanmotherboardsampai 10 derajat celcius. Alhasil, kinerja tetap oke dan ponsel terhindar darioverheat.

Baterainya juga besar, kapasitasnya 5.000 mAh yang bisa diisi denganfast charging18W. Sementara di layar, panel IPS LCD diandalkan dengan ukuran 6,58 inci dan beresolusi Full HD+, serta mendukungrefresh rate120Hz.

Baca juga:Vivo T1 5G, Ponsel Stylish untuk Kalangan Anak Muda

Poco M4 Pro

Daftar terakhir, Poco M4 Pro yang harganya terpantau stabil di Rp2,6 jutaan. Saat meluncur tahun lalu, Poco mengklaim kalau ponsel ini jadi ‘Entry Mid-range Killer’, lantaran mengusung panel Super AMOLED, prosesorgamingMediaTek, dan baterai jumbo, di harga Rp2 jutaan.

Ya,smartphoneini dibekali dengan layar Super AMOLED seluas 6,43 inci beresolusi Full HD+ denganrefresh rate90Hz. Panel yang berkualitas ini terasa makinkecelagi, berkat prosesor MediaTek Helio G96 yang cukup mumpuni untuknge-game.

Apalagi, dikombinasikan dengan RAM sebesar 8 GB, memori internal 256 GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal sampai 1 TB, serta baterai 5.000 mAh denganfast charging33W. 

Sudah pasti, ada fitur Game Turbo juga untuk menambahexperiencepengguna saat maingamefavoritnya.

Well, mana pilihansmartphoneharga murah untuk maingame, Uzoners?