100 Miliar Pesan WhatsApp Terkirim Saat Tahun Baru, Berapa dari Indonesia?

04 January 2020 - by

Ilustrasi WhatsApp (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Saat perayaan pergantian tahun dari 2019 ke 2020, layanan data sudah diprediksi akan meningkat. Salah satu aplikasi yang sering digunakan ketika tahun baru, yaitu WhatsApp.

Menariknya, WhatsApp mencatat rekor baru soal aktivitas pertukaran pesan instan saat pergantian tahun. Bahkan jumlahnya mencapai 100 miliar pesan yang terkirim hanya pada 31 Desember 2019.

Advertising
Advertising

“WhatsApp menjadi pilihan orang-orang di seluruh dunia untuk berkomunikasi secara privat dengan teman, keluarga, dan orang-orang terdekat mereka," tulis WhatsApp melalui keterangan resminya.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp yang Muncul di Tahun 2020

Angka 100 miliar pesan pada tanggal 31 Desember bukan sembarang rekor. Sebab itu menunjukkan angka pengiriman pesan yang tertinggi dalam satu hari dibandingkan hari-hari lainnya sepanjang sejarah WhatsApp selama 10 tahun terakhir.

Bahkan, saat pergantian tahun, WhatsApp juga mencatat lebih dari 12 miliar pesan gambar, terkirim di seluruh dunia dari total 100 miliar pesan yang terkirim.

Sudah bisa ditebak memang, sebagian besar pesan instan tersebut ada kaitannya dengan ucapan Selamat Tahun Baru.

Baca juga: 6 Momen Teknologi Kontroversial yang Viral di 2019

Itu hanya prediksi ya, sebab enkripsi end-to-end pada layanan WhatsApp memastikan pesan hanya bisa dibaca oleh si pengirim dan penerima pesan.

Layanan milik Facebook itu menjamin bahwa WhatsApp sendiri tidak dapat membacanya.

Lalu bagaimana di Indonesia?

WhatsApp mengatakan ada 9 miliar pesan instan yang dikirim dan diterima pada tanggal 31 Desember 2019.