5 Fitur Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra yang Bikin Kreator Full Senyum

03 February 2023 - by

Uzone.id - Salah satu peningkatan besar di Samsung Galaxy S23 Ultra adalah kamera. Bayangkan, smartphone ini dilengkapi dengan kamera bersensor 200 MP yang menawarkan kualitas detail dan warna yang jauh lebih baik dari seri sebelumnya.

Kalau urusan resolusi, memang Samsung Galaxy S23 Ultra bukanlah ponsel pertama yang mengusung kamera 200 MP. Tapi untuk smartphone yang menggunakan sensor 200 MP premium dari Samsung, yakni ISOCELL HP2, smartphone ini jadi yang pertama di dunia.

Advertising
Advertising

Lantas, apakah kamera Samsung Galaxy S23 Ultra cuma menang di sensor 200 MP saja? Tidak juga kok. Tim Uzone.id telah merangkum beberapa fitur dan kelebihan dari kamera Samsung Galaxy S23 Ultra yang telah resmi meluncur secara global. Berikut ulasannya.

Expert RAW

Mode Expert RAW jadi salah satu fitur unggulan pada kamera Samsung Galaxy S23 Ultra. Foto dengan format RAW yang dihasilkan smartphone ini bukan cuma beresolusi 12 MP saja, tapi 50 MP!

Baca juga: FOTO: Melirik Samsung Galaxy S23 Series Warna Paling Eksklusif

Dengan resolusi yang lebih tinggi, para fotografer profesional lebih leluasa untuk mengedit foto yang mereka tangkap menggunakan aplikasi editing populer, termasuk Adobe Lightroom. Dengan Expert RAW juga, para pengguna dimungkinkan memotret dengan gaya fotografi yang baru, salah satunya astrofotografi.

Mode Astrophotography

Nah relate dengan sebelumnya, pengguna pun bisa memotret langit malam dengan garis bintang yang indah menggunakan kamera Samsung Galaxy S23 Ultra.

Mode Astrophotography namanya. Mode ini memungkinkan pengguna untuk memotret langit malam yang menunjukkan konstelasi bintang. 

Ada beberapa eksposur yang bisa dipilih, dan pastinya pengguna membutuhkan tripod untuk memotret bintang-bintang di langit. Dengan mode ini juga, pengguna pun dapat merekam video astro hyperlapse yang menunjukkan pergerakan garis bintang di langit malam.

Video beresolusi tinggi

Seri sebelumnya memang sudah dapat merekam video 8K dengan segala kekurangan dan keterbatasannya. Dan di Samsung Galaxy S23 Ultra, beberapa kekurangan di seri sebelumnya seperti soal frame rate pada perekaman telah diperbaiki.

Baca juga: Beda dengan Global, Samsung Galaxy S23 Series di Indonesia Istimewa

Kini, Samsung Galaxy S23 Ultra dapat merekam video 8K pada 30 FPS berkat kemampuan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy yang powerful. Kalaupun video 8K terlalu ‘lebay’ karena menghabiskan ruang penyimpanan dengan cepat, video dengan mode Super HDR pada resolusi 4K di 60 FPS bisa dimanfaatkan dengan baik.

Stabilisasi gambar ditingkatkan

Salah satu kemajuan signifikan pada kamera Samsung Galaxy S23 Ultra, yakni stabilisasi gambar. OIS atau optical image stabilization di smartphone ini jauh lebih baik ketimbang generasi sebelumnya.

Samsung secara efektif membekali kamera S23 Ultra dengan OIS yang dua kali lebih stabil dan dapat mengoreksi guncangan hingga tiga derajat. Perpaduan yang edan sih, resolusi tinggi, OIS super stabil, dan kualitas gambar yang oke punya.

Baca juga: Spesifikasi Samsung Galaxy S23 Ultra yang Bikin iPhone 14 Pro Ketar-ketir

Kamera selfie lebih baik

Boleh saja resolusinya menurun dari 40 MP menjadi 12 MP untuk kamera selfie. Tapi berkat proses pencitraan yang luar biasa dan kemampuan ISP pada Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy, membuat kualitas kamera selfie smartphone ini pun jauh lebih baik.

Kamera 12 MP ini memiliki fitur dual-pixel autofocus yang lebih baik dan ditunjang oleh sistem AI (artificial intelligence) racikan Samsung, membuatnya dapat memotret swafoto dengan tone warna yang natural atau alami dan detail yang spektakuler.

Dari semua kemampuan kamera Samsung Galaxy S23 Ultra, kalian suka yang mana nih?