5 Smartphone Android 5G yang Diprediksi Akan Meluncur di 2019

29 December 2018 - by

Uzone.id -- Menjelang akhir tahun 2018, ada hal menarik yang layak untuk dinantikan pada 2019, yaitu jaringan 5G yang digadang-gadang akan siap diujicobakan di Indonesia. Hal ini tentu saja akan memengaruhi perangkat seperti ponsel pintar.

Memprediksi gawai apa saja yang akan hadir di tahun baru tentu sudah lumrah. Tapi kali ini, rasanya sedikit istimewa karena prediksi yang muncul adalah ponsel-ponsel yang mendukung jaringan 5G. Penasaran, ‘kan?

Hal ini sudah diakui sendiri oleh presiden perusahaan prosesor ternama Qualcomm, Christiano Amon pada acara Snapdragon Technology Summit di Hawaii awal Desember kemarin.

Baca juga: 5 Mobil Baru Terbaik 2018 Versi Uzone

“Setiap vendor Android sedang mengembangkan perangkat 5G. Saat masa liburan tahun depan, tiap perangkat flagship -- minimal mereka yang berjalan di peranti lunak Android dari Google dan menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm -- sudah bisa bekerja di jaringan 5G,” ujar Amon, seperti dikutip dari situs T3.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut deretan smartphone 5G yang diprediksi akan meluncur sepanjang 2019 dan… semoga saja dijual di Indonesia.

1. Samsung Galaxy S10

(Ilustrasi/T3)

Ponsel flagship yang dinantikan oleh penggemarnya ini telah lama dirumorkan akan mendukung 5G. Hubungan kerja sama antara Samsung dan Qualcomm sendiri juga beberapa kali disebut tengah mengembangkan transisi menuju 5G.

Belum lagi saat Snapdragon Technology Summit kala itu, Qualcomm meluncurkan prosesor barunya, Snapdragon 855 yang siap mendukung operasi canggih dari jaringan 5G yang mampu memuat data dalam kecepatan gigabyte per detik.

Maka, Galaxy S10 praktis langsung dipercaya akan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 855 yang kemungkinan besar diluncurkan pada ajang Mobile World Congress (MWC) pada akhir Februari 2019 di Barcelona, Spanyol.

Jika sudah mendukung 5G, Galaxy S10 kira-kira dapat mengunduh dan mengunggah dalam kecepatan gigabyte per detik, menonton film dalam kualitas 4K, dan lain-lain.

2. Huawei P30 atau Mate 30

(Foto: T3)

Rasanya sudah seperti rahasia umum bahwa Huawei sedang mengembangkan ponsel pintar 5G. Minimal, ucapan ini berasal dari salah satu pimpinan perusahaan yang fokus di pasar Eropa Barat, Walter Ji.

Kepada media T3, Ji mengonfirmasi mengenai hal itu.

“Kalau bukan seri P30, berarti ponsel yang mendukung 5G adalah seri Mate,” begitu ucapnya.

Lebih lanjut, Ji bilang bahwa pada 2019 perusahaannya memang akan merilis dua lini flagship.

“Pada Maret, kita merilis seri P. Lalu Oktober kita menyiapkan seri Mate. Jadi, akan bergantung pada pengembangan chipset, karena jaringan 5G membutuhkan daya tinggi,” sambung Ji.

Baik Huawei P30 atau Mate 30, kedua flagship ini sudah jelas akan menjadi penerus P20 dan Mate 20 yang sama-sama mengunggulkan fitur triple-camera dari teknologi Leica yang terletak di punggung ponsel.

3. Xiaomi Mi Mix 3

(Xiaomi Mi Mix 3/dok. Xiaomi)

Ponsel Xiaomi Mi Mix 3 yang sudah mendukung 5G ini awalnya diluncurkan di Beijing, China pada November kemarin. Kabarnya, ponsel ini siap masuk kawasan Inggris dan Eropa pada kuartal pertama 2019.

Xiaomi Mi Mix 3 dinilai menjadi ponsel tangguh dengan desain beda, yakni layar 6,39 inci OLED dengan konsep layar geser (sliding), bezel tipis rasio 93,4 persen screen-to-body, RAM 10GB, ROM 256GB, tak lupa kamera depan ganda tersembunyi dengan sensor 24MP dan 2MP.

Perkiraan harga, Xiaomi Mi Mix 3 kabarnya akan dilepas di pasar Inggris sekitar 560 pound sterling atau setara Rp10,3 juta.

4. Flagship Oppo

(Ilustrasi/dok. Oppo)

Saat ini belum ada prediksi mengenai nama produknya, tapi vendor asal Negeri Tirai Bambu ini dipercaya juga akan bergabung ke dalam pasar ponsel pintar yang mendukung 5G pada 2019. Produk tersebut pun juga diprediksi adalah lini flagship dari Oppo.

Mengutip sejumlah sumber, flagship Oppo yang mendukung 5G kemungkinan dirilis pada pertengahan 2019. Jadi penasaran…

5. Honor

(Ilustrasi/dok. Honor)

Honor termasuk gencar dalam memperkenalkan produknya di Indonesia sepanjang 2019. Presiden Honor George Zhao beberapa waktu lalu mengonfirmasi bahwa pada tahun depan perusahaan siap meluncurkan produk 5G-nya.

Meski tidak memberi bocoran apapun, Zhao mengatakan bahwa produk Honor anyarnya itu akan menjadi “yang pertama dijual” di pasar. Kalau memang benar, bisa jadi Honor 5G itu dirilis secara komersial pada Februari atau Maret 2019, mengingat di periode yang sama di tahun ini digunakan perusahaan untuk meluncurkan Honor View 10.

Paling tidak, kita bisa melihat kepastiannya pada ajang tahunan Consumer Electronics Show (CES) yang akan digelar pada Januari 2019 di Las Vegas.