5 Smartphone dengan Kamera Periskop Biar Bisa Motret Bulan

06 February 2023 - by

Uzone.id - Teknologi di smartphone semakin advanced saja. Bukan soal dapur pacu doang, tapi fitur kamera di ponsel pintar kian lengkap, sehingga memudahkan penggunanya untuk memotret berbagai angle tanpa ribet membawa kamera dan lensa yang berukuran besar.

Advertising
Advertising

Salah satu fitur kamera inovatif yang dihadirkan pada smartphone (rata-rata flagship) adalah kamera telephoto dengan lensa periskop. Kamera ini masih tergolong teknologi baru di industri smartphone, dan cuma segelintir ponsel saja yang menerapkannya. 

Kamera periskop memungkinkan pengguna untuk melakukan perbesaran jauh secara optikal. Teknologi ini menjadi solusi ketika vendor ingin kamera ponsel memiliki kemampuan perbesaran optik yang lebih jauh, tanpa harus mengorbankan dimensi smartphone

Bisa dibayangkan kalau vendor tidak menerapkan inovasi periskop tersebut di zaman sekarang. Mungkin saja ukuran kamera smartphone bakal menonjol dengan bentuk frame yang besar seperti Samsung Galaxy Zoom S4 ataupun Nokia Lumia 1020.

Penerapan kamera periskop memang agak sulit dan lebih mahal, makanya rata-rata ponsel yang menerapkannya merupakan seri flagship yang dijual di harga tinggi.

Lensa-lensa disusun secara horizontal, dan di ujung deretan lensa ditempatkan cermin untuk membelokkan objek dan cahaya yang ditangkap, dan selanjutnya diproses oleh sensor kamera. 

Dengan teknologi ini, kemampuan zooming ponsel secara optikal tak sebatas 2 atau 3 kali saja. Kini, optical-zoom dari smartphone bisa mencapai 5 kali, 7 kali, bahkan sampai 10 kali. Semakin tinggi optical-zoom, kemampuan digital zoom juga ditingkatkan bahkan sampai 100 kali.

Nah, berikut ini beberapa pilihan smartphone dengan kamera periskop yang memungkinkan penggunanya buat motret objek dari jarak jauh, termasuk bulan. Check this out!

Samsung Galaxy S23 Ultra

Upgrade yang begitu terasa di Samsung Galaxy S23 Ultra bukan cuma dapur pacunya saja. Sektor kamera pun menjadi kelebihan utama dari Samsung Galaxy S23 Ultra, tak terkecuali kemampuannya buat memotret bulan ataupun objek apapun dari kejauhan.

Samsung Galaxy S23 Ultra dibekali dengan kamera periskop 10 MP yang didukung oleh OIS atau optical image stabilization

Baca juga: Galaxy S22 Ultra Dipakai Motret Bulan, Galaxy S23 Ultra Motret Bintang

Dengan kamera tersebut, pengguna dimungkinkan memotret dari kejauhan dengan perbesaran 10 kali secara optical atau 100 kali secara digital, yang dinamai Samsung sebagai ‘Space Zoom’.

Gak perlu khawatir hasilnya gak bakalan stabil. Dengan adanya OIS yang lebih baik, pemotretan dari jarak jauh juga akan terasa konstan dan menghasilkan gambar yang tak blurry dan minim noise.

Xiaomi 12S Ultra

Smartphone ini memang mengambil perhatian para gadget enthusiast di tahun lalu. Bukan saja mengusung kamera 50 MP dengan sensor Sony IMX989 berukuran 1 inci saja, tapi kemampuan kameranya secara keseluruhan yang dapat menghasilkan gambar bermutu tinggi.

Baca juga: Xiaomi 12S Ultra Bawa Kamera Paling Ajib, Harga Rp13 Jutaan

Xiaomi 12S Ultra pun dilengkapi dengan kamera periskop yang bisa memotret objek dari jarak super jauh. Kamera tersebut menggunakan sensor 48 MP dan sudah dilengkapi OIS, sehingga dapat memotret dengan perbesaran secara optik hingga 5 kali dengan hasil yang sangat baik.

Dan satu lagi, seluruh kameranya diracik dan dikontrol langsung oleh perusahaan kamera terkenal asal Jerman, Leica.

Huawei P50 Pro

Opsi smartphone lain dengan kamera yang memungkinkan kalian buat memotret bulan adalah Huawei P50 Pro. Smartphone ini punya kamera tele dengan lensa periskop, resolusinya 64 MP dan sudah dilengkapi OIS.

Kemampuannya pun tak usah diragukan lagi. Perbesaran gambar secara optical hingga 3,5 kali atau melakukan zooming sampai 7 kali melalui skema lossless zoom.

Baca juga: UCA 2022: Predikat Best Flagship Smartphone untuk Huawei P50 Pro

Apalagi, di sistem kamera Huawei terdapat mode ‘Moon’ yang bertujuan untuk memaksimalkan hasil gambar ketika pengguna memotret atau merekam bulan dari kejauhan.

Samsung Galaxy S22 Ultra

Berikutnya, kakak dari Samsung Galaxy S23 Ultra, yakni Samsung Galaxy S22 Ultra. Smartphone ini pun didukung kamera periskop dengan konfigurasi yang agak mirip dengan seri penerusnya.

Samsung Galaxy S22 Ultra punya kamera periskop 10 MP yang didukung OIS dan mampu melakukan perbesaran gambar secara optical sampai 10 kali. Kalau tak puas, kalian pun dapat memperbesar gambar secara hybrid dan digital hingga 100 kali zooming.

Baca juga: Kecanggihan Kamera Galaxy S22 Ultra Hasilkan Film ‘Seperti Sediakala'

Ketika viewfinder kamera menangkap objek bulan, maka warnanya akan disesuaikan dengan detail yang turut dimaksimalkan. Alhasil, foto bulan yang kalian tangkap memiliki kualitas tinggi dan minim efek blur, sehingga bisa banget diunggah ke media sosial.

Vivo X80 Pro

Pilihan smartphone lain dengan kamera periskop yang bisa memotret dari kejauhan adalah Vivo X80 Pro. Smartphone yang memang dipersiapkan buat pegiat fotografi dan videografi ini memiliki kamera periskop 8 MP.

Baca juga: Review Vivo X80 Pro: Gampang Panas, Kamera Bikin Takjub

Kamera itu juga sudah dilengkapi dengan teknologi OIS, sehingga dapat mengambil gambar secara optical hingga 5 kali perbesaran. Zooming secara digital juga dimungkinkan dengan hasil yang masih cukup baik.

Dan, pengambilan gambar dipastikan jernih berkat teknologi lens coating T” dari Zeiss.