5 Tablet Murah Mulai Rp1 Jutaan, Harga Sesuai Budget THR Anak

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -THR lebaran yang didapat anak sudah jutaan Rupiah? Sebagai orang tua, kalian harus menjaga anak-anak agar tak membelanjakan uang THR mereka sembarangan. Daripada dipakai jajan yang gak jelas, mending dibelikan sesuatu yang bermanfaat, tablet untuk belajar misalnya.

Tablet sekarang gak mahal harganya, ada kok yang harga resminya cuma Rp1 jutaan sampai Rp2 jutaan saja. Tablet juga bukan sekadar buat hiburan semata kok, bisa juga dimanfaatkan untuk menemani anak-anak belajar online dan meningkatkan kemampuannya di rumah.

Nah, berikut rekomendasi persembahan timUzone.id, ada tablet dari Samsung dan Huawei juga dengan harga di bawah Rp3 juta. Kalau uang THR anak belum cukup untuk membeli tablet incarannya, sebagai orang tua harus nambahin ya!

Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi

Cuma Rp1,8 jutaan saja, kalian sudah bisa mendapatkan tablet Samsung lho. Ya, Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi memang disediakan buat menemani anak-anak belajar maupun menikmati hiburan bersama orang tua.

Desainnya kompak, layarnya luas, dan pastinya mengusung aplikasi Samsung Kids yang ramah anak. Tablet ini hadir dengan layar TFT seluas 8,7 inci dengan resolusi WXGA+ atau 1.340 x 800 piksel, lengkap dengan fitur Eye Comfort Shield agar mata si anak tetap aman dan nyaman.

Prosesornya memang tak powerful, tapi sudah cukup untuk mendukung aktivitas belajar atau menunjang hiburan online anak-anak.  Dapur pacunya menggunakan Helio P22T dari MediaTek yang disandingkan dengan RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB yang bisa ditambah dengan microSD sampai 1 TB.

Soal baterai jangan khawatir kehabisan daya dengan cepat, karena Samsung Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi sudah ditopang baterai 5.100 mAh dan didukungfast charging15W. Sementara buat sekadar memotret, ada kamera belakang 8 MP dan selfie 2 MP yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak. 

Samsung Kids jadi fitur utama dari tablet ini. Anak-anak dapat menggunakannya untuk bermain game edukatif sekaligus membangun kreativitas. Selain itu, Samsung Kids juga dapat diandalkan oleh orang tua dalam mengawasi penggunaan tablet untuk anak-anak mereka. 

Huawei MatePad SE

Tablet satu ini dijual dengan harga yang murah, tapi fitur yang dibawanya cukup spesial. Dengan Huawei MatePad SE, mau belajar online, menggambar, bermain game, atau nonton film kartun favorit, dijamin gak akan bikin kecewa.

Bagaimana tidak, tablet harga Rp2,5 jutaan tersebut mengusung layar seluas 10,4 inci dan sudah beresolusi 2K alias 2000 x 1200 piksel! Panelnya pun sudah IPS LCD dengan rasio layar terhadap bodi yang juga tinggi, mencapai 83,6 persen.

Menatap layarnya pun tetap aman karena Huawei MatePad SE telah mengantongi sertifikasi ganda TÜV Rheinland Low BlueLight dan Flicker-Free.

Dijual mulai Rp2,5 jutaan, Huawei MatePad SE ditunjang oleh prosesor Snapdragon 680 yang dikombinasikan dengan baterai 5.100 mAh, RAM mulai 3 GB, dan memori penyimpanan mulai 32 GB.

Kameranya cukup minimalis, tapi terbilang oke. Kamera belakangnya 5 MP dengan selfie 2 MP yang pas buat video call. 

Realme Pad Mini

Harga tablet ini Rp1,9 jutaan aja, tapi sudah dilengkapi berbagai fitur yang bikin kalian bisa mengasah kemampuan secara online lho. Secara tampilan, gak kentara banget kalau tablet ini harganya di bawah Rp2 jutaan.

Desainnya ringkas, tipis, dan enak buat digenggam. Anak-anak yang biasanya taruh barang dimana saja gak akan mudah ngerusak tablet ini, karenabuild qualityRealme Pad Mini sudah bagus berkat casing berbahan dasar aluminium alloy.

Realme Pad Mini dibekali dengan layar IPS LCD seluas 8,7 inci dengan resolusi 800 x 1.340 piksel atau WXGA+. Layar dengan luas yang lumayan besar ini cocok buat menemani aktivitas anak di rumah, terutama saat masih libur sekolah terkait Hari Raya IdulFitri 1444H.

Layarnya pun sudah dilengkapi fitur perlindungan mata, sehingga anak-anak tidak mudah kelelahan saat belajar ataupun menggambar di tablet ini dalam waktu yang cukup lama.

Prosesor yang digunakan Realme Pad Mini adalah Unisoc Tiger T616 yang disandingkan dengan sistem operasi Realme UI R Edition yang ringan. Baterainya juga lebih besar dari tablet sebelumnya yang kami sebutkan di atas, tepatnya 6.400 mAh.

Untuk kamera, tablet ini punya kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP. Kedua kamera ini sudah disokong oleh teknologi pencitraan berbasis AI yang diklaim bisa meningkatkan kualitas gambar yang diambil.

Advan Tab A8

Advan Tab A8 bisa dibilang jadi tablet termurah yang kami rekomendasikan. Harganya sekarang cuma Rp1,3 jutaan saja, cukup lah THR kalian buat beli tablet ini.

Kendati murah, fiturnya cukup meriah. Advan Tab A8 menawarkan layar seluas 8 inci berjenis IPS LCD dan beresolusi HD. Tak ada fitur spesial pada layarnya, namun cukup buat mendukung aktivitas belajar online atau hiburan anak-anak sepanjang harinya.

Prosesor yang digunakannya menggunakan Unisoc SC9832E,chipsetkelasentryyang dipadukan dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal sampai 32 GB. Kalau gak cukup memorinya, masih bisa menambah kapasitas penyimpanan pakai microSD kok.

Advan Tab A8 ditopang baterai 4.000 mAh, cukup kurang buat sebuah tablet 8 inci. Namun kalau dipakai dengan intensitas yang normal, setidaknya tablet ini bisa menemani anak-anak hampir seharian lamanya.

Adapun buat kamera, terdapat kamera 2 MP di depan dan kamera 5 MP untuk bagian belakangnya. Dan lagi, tablet ini sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Advan Tablet Sketsa 2

Masih dari Advan nih, yakni Tablet Sketsa 2 yang cocok buat anak-anak yang suka menggambar. Sesuai namanya, tablet murah dari Advan ini mendukung pena stylus yang responsif dan bisa diandalkan buat mengasah kemampuan menulis maupun menggambar.

Gak perlu ngeluarin uang tambahan lagi. Dengan harga Rp2,5 jutaan saja, Advan Tablet Sketra 2 sudah termasuk stylus dan magnetic keyboard dalam paket pembeliannya.

Berbicara soal spek, Advan Tablet Sketsa 2 punya layar IPS LCD berukuran 10,1 inci dengan resolusi HD. Dapur pacunya menggunakan Unisoc Tiger 310 yang dikombinasikan dengan RAM 4 GB, penyimpanan 64 GB, dan baterai besar berkapasitas 6.000 mAh.

Kameranya kurang lebih sama dengan tablet murah lainnya. Kamera belakang 5 MP dan kamera depan 2 MP, cocok untuk memenuhi kebutuhan selfie, belajar online, atau bahkan mengobrol dengan teman saat libur lebaran 2023.

Itu dia rekomendasi tablet murah Rp1 sampai 2 jutaan yang bisa anak-anak beli pakai uang THR lebaran. Daripada dijajanin gak jelas, mending dibelikan salah satu perangkat di atas buat belajar online sampai menikmati hiburan yang positif dan aman.