5 Tips Google Chrome yang Menarik Untuk Dicoba

13 August 2021 - by

 

Uzone.id - Pengguna internet pasti tidak asing lagi dengan Google Chrome, platform internet ini menjadi yang paling banyak digunakan untuk menggali informasi di Internet. Dibalik fungsi utamanya untuk mencari informasi di Internet, Google Chrome juga menyediakan banyak fitur dan tips menarik untuk membantu pengguna ketika menggunakan platform tersebut.

Advertising
Advertising

Berikut beberapa tips yang perlu diketahui ketika menggunakan Google Chrome

Bersembunyi dengan Mode Incognito atau Mode Penyamaran

Jika kalian tidak ingin Chrome mencatat riwayat pencarian kalian atau situs yang telah kalian kunjungi, kalian bisa menggunakan Mode Penyamaran. Dengan mode ini, kalian bisa menjalankan pencarian ‘rahasia’ hanya bisa diketahui kalian sendiri.

Caranya, klik ikon tiga titik di sudut kanan atas browser, pilih jendela penyamaran baru. Untuk di ponsel, kalian bisa klik ikon tiga titik di kanan bawah (iOS) atau kanan atas (Android) dan pilih Tab Penyamaran Baru.

Ganti Tema agar tampilan lebih menarik

Google menyediakan beberapa opsi tema bagi pengguna agar tampilan Chrome mereka semakin menarik. Untuk mencoba berbagai tema yang menarik tersebut, kalian bisa membuka bagian Pengaturan, lalu pilih Tampilan, kemudian pilih Tema. Setelah itu kalian akan dibawa ke toko web Chrome dimana kalian bisa memilih tema sesuai keinginan.

Pencarian cepat

Jika kalian sedang membuka sebuah laman di web Chrome dan menemukan kata-kata yang tidak diketahui, Chrome menawarkan opsi penelusuran bawaan yang mudah.

Caranya, cukup meng-highlight kata yang ingin dicari, klik kanan, pilih Cari Google untuk (teks yang di highlight). Setelah itu, tab baru akan terbuka dan pencarian Google akan muncul. Atau kalian bisa meng-highlight kata atau frasa, lalu menariknya ke kolom omnibox Chrome untuk ditelusuri.

Di Android, kalian bisa meng-highlight kata yang ingin dicari tahu, lalu Chrome akan menawarkan pencarian untuk istilah tersebut. Di iOS, highlight kata atau frasa akan menghasilkan pop-up dengan opsi "Cari"; gulir ke bawah dan ketuk Cari Web untuk informasi lainnya.

Buka Tabs yang tidak sengaja tertutup

Kejadian ini sering terjadi di saat kita sedang menggunakan Chrome, alhasil kita harus mencari kembali hasil pencarian dari awal.

Meski Google sudah tak menghadirkan fitur "Buka kembali jendela yang tertutup" dari menu tab Chrome, kalian masih bisa menggunakan pintasan keyboard Control/Command + Shift + T untuk mengembalikan tab yang terakhir ditutup.

Dan sekarang ada cara lain untuk melakukannya, jika kalian tidak sengaja menutup tab, klik kanan pada bilah menu (bukan tab itu sendiri) dan menu pop-up akan menawarkan opsi untuk membuka kembali tab yang ditutup.

Tambahkan Artikel ke daftar bacaan

Kalian pasti sering menemukan artikel menarik tapi di waktu yang tidak tepat sehingga kalian tidak sempat membacanya sekarang. Nah, kalian bisa menyimpan artikel tersebut ke daftar bacaan untuk dibaca nanti.

Fitur ini harus disinkronkan dengan akun Google sehingga kalian bisa membuka artikel yang disimpan melalui perangkat lain. Kalian bahkan bisa membukanya tanpa perlu koneksi internet.

Caranya, Klik ikon ‘Bookmark’ dan pilih ‘Tambahkan ke daftar bacaan’ untuk menyimpan halaman, lalu klik tombol ‘Daftar bacaan’ di bilah bookmark untuk mengakses semua artikel yang Anda simpan.