6 Bocoran Spesifikasi iPhone 12 yang Perlu Diketahui

29 March 2020 - by

(Foto: dok. EverythingApplePro)

Uzone.id -- Sudah semakin terkuak berbagai rumor mengenai trio iPhone 11 yang akan dirilis pada tahun 2020 ini. Mulai dari kamera, varian, dan spesifikasi lainnya.

Meski tanggal perilisan iPhone 12 diperkirakan bakal tertunda dari jadwal tahunan biasanya, banyak yang meyakini kalau iPhone 12 akan memiliki beberapa peningkatan fitur dan spesifikasi dari pendahulunya.

Advertising
Advertising

Berikut deretan rumor tentang iPhone 12 yang perlu kalian tahu.

1. Kamera

Dari berbagai bocoran yang dirangkum ragam sumber, Apple dipercaya akan meningkatkan kemampuan kamera pada iPhone 12, khususnya teknologi kamera tiga dimensi (3 dimensi/3D).

Banyak yang berkaca pada kamera iPad Pro 2020 yang dibekali kombinasi sensor Time of Flight (ToF) dan LiDAR yang diklaim semakin canggih dalam mendeteksi kedalaman objek.

Minimal, kamera secanggih iPad Pro 2020 akan hadir di iPhone 12, apalagi CEO Apple Tim Cook sangat agresif terhadap pengembangan teknologi Augmented Reality (AR).

Baca juga: Apple Tunda Peluncuran iPhone 12

2. Desain

Apple seakan sudah memiliki pola sendiri dalam merilis iPhone. Biasanya dua tahun sekali Apple baru mengubah desain iPhone menjadi berbeda dari produk sebelumnya.

Hal ini yang tampaknya bakal dikeluhkan ketika iPhone 12 diperkenalkan, karena kemungkinan besar tampilannya gak beda jauh dari trio iPhone 11. Meski begitu, ada rumor yang mengatakan Apple bisa jadi memperkecil ukuran notch di atas layar.

Selain itu, bocoran lainnya juga menyebut iPhone 12 bakal mengusung warna biru laut (navy blue), menggantikan Midnight Green yang menjadi favorit para konsumen.

(Foto: dok. EverythingApplePro)

Baca juga: Bocoran iOS 14 Ini Bikin Makin Gampang Stalking Pacar

3. Layar

Jika melihat trio iPhone 11, iPhone 12 diyakini juga terdiri dari tiga versi berdasarkan ukuran layar. Mengutip Forbes, berikut rinciannya:

  • iPhone 12: 6,1 inci (sama seperti iPhone 11)
  • iPhone 12 Pro: 5,4 inci (lebih kecil dari iPhone 11 Pro)
  • iPhone 12 Pro Max: 6,7 inci (lebih jumbo dari iPhone 11 Pro Max)

Apple juga diharapkan dapat menggunakan panel layar OLED generasi baru dari Samsung dan refresh rate layar ProMotion 1120Hz.

4. Performa

Rumor yang beredar menyebut Apple bakal membekali iPhone 12 dengan prosesor A14 Bionic dan disandingkan dengan RAM 6GB.

(Foto: dok. EverythingApplePro)

5. Biometrik

Fitur Face ID akan tetap hadir di iPhone 12. Bedanya, fitur Touch ID disebut-sebut bisa saja kembali sebagai opsi dari biometrik keamanan ponsel seperti iPhone 8 Plus ke bawah.

6. Baterai

Meski belum ada bocoran mengenai kapasitas baterainya seperti apa, Apple dirumorkan bakal meningkatkan kecepatan pengisian daya baterai, baik itu secara konvensional maupun nirkabel (wireless).

Seperti yang kita tahu sebelumnya, iPhone 12 kemungkinan mengalami penundaan waktu rilis. Apple terbiasa menggelar hajat Apple Event untuk meluncurkan iPhone, Apple Watch, dan produk lain pada bulan September, namun karena pandemi corona, peluncuran ini bisa jadi telat.

Masih dari Forbes, kendati begitu, para analis memprediksi perilisan iPhone 12 akan digelar sebelum Hari Natal di bulan Desember.