6 Cara Ghosting dari Grup WhatsApp

18 March 2021 - by

Ilustrasi (Alexander Shatov / Unsplash)

Uzone.id - Kamu mungkin kesal dengan banyaknya grup WhatsApp karena membuat ponsel kamu lambat.

Apalagi, selain tulisan, platform perpesanan yang paling hits ini banyak mengirim gambar, dokumen, emoji, dan lain-lain.

Bisa juga kamu tidak nyaman berada di grup WhatsApp karena sering dikirim meme, spam atau bahkan berita hoaks.

Advertising
Advertising

Keluar dari grup WhatsApp terkadang jadi jalan terbaik satu-satunya. Namun, kamu juga kadang merasa kalau meninggalkan grup WhatsApp akan tidak sopan atau kasar.

Berikut ini cara ghosting atau secara diam-diam meninggalkan grup WhatsApp.

1. Ubah Nomor Telepon Kamu dengan yang Baru

Ini cara termudah dengan mengubah nomor telepon kamu ke yang baru. Cara ini tidak efektif jika kamu ingin menggunakan nomor lama.

Untuk melakukan itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu pengaturan pada ponsel. Kemudian ketuk aplikasi sub-menu. Langkah selanjutnya memilih WhatsApp.

BACA JUGA: Instagram Bikin Fitur Cegah Pengguna Dewasa Kirim DM ke Pengguna Remaja

Terakhir, kamu bisa menghapus data dan cache. Sekarang akun kamu tidak bisa ditemukan di mana pun, tapi jangan khawatir itu tidak akan hilang.

Nomor dan nama kamu masih jadi anggota grup. Setelah itu, kamu harus ganti nomor kamu dengan yang baru. Selanjutnya kamu bisa login dengan nomor yang berbeda. Dengan ini, tidak ada yang mengetahui kamu melakukan 'ghosting' dari grup WhatsApp.

2. Palsukan Nomor Telepon

Metode kedua, bagaimana meninggalkan grup WhatsApp tanpa pemberitahuan mirip dengan sebelumnya.

Namun, di sini kamu tidak perlu mengubah nomor kamu. Ini dipakai ketika kamu tetap ingin menyimpan nomor lama.

Pertama, kamu perlu menyiapkan nomor baru. Kedua, kamu bisa mengatur untuk mengubah nomor kamu.

Untuk melakukannya, kamu perlu masuk ke menu pengaturan WhatsApp (tiga titik di atas). Kemudian ketuk pemilihan akun dan pilih nomor ubah sub-menu. Setelah itu, kamu akan masukkan nomor baru.

Langkah pertama selesai, kamu akan meninggalkan grup dengan tenang setelah ini. Buka menu pengaturan di ponsel kamu, kemudian ketuk aplikasi menu dan pilih WhatsApp.

Setelah itu, hapus data dan catche. Terakhir, akun kamu akan hilang tapi nama kamu masih ada didaftar anggota.

Kemudian, selesaikan dengan buka aplikasi WhatsApp kamu dan daftar dengan nomor lama kamu. Kamu berhasil keluar dari grup dan anggota lain tidak akan mengetahuinya.

Sayangnya, tingkat komplikasi metode ini sangat tinggi. Kamu memerlukan setidaknya dua nomor telepon agar berhasil keluar dari grup WhatsApp tanpa pemberitahuan.

Namun, metode ini efektif bagi kamu yang sudah tidak tahan terhadap grup WhasApp yang mengganggu ketenangan kamu.

3. Bisukan Notifikasi Grup

Jika kamu merasa mengubah nomor telepon begitu merepotkan. Kamu bisa pilih "Bisukan" notifikasi di grup kamu.

Kamu tidak akan meninggalkan grup secara permanen, namun setidaknya tidak diganggu oleh grup WhatsApp yang tidak kamu sukai.

Kamu bisa bisukan notifikasi selama sehari, seminggu atau bahkan setahun. Bisukan grup adalah cara termudah yang bisa kamu lakukan.

Pertama, kamu perlu buka grup yang ingin kamu tinggalkan, lalu ketuk di pojok kanan atas dan kamu akan melihat beberapa menu.

Selanjutnya, pilih dan tap notifikasi senyap. Terakhir, pilih durasi pemberitahuan grup diam. Untuk bebas dari notifikasi yang mengganggu, ketuk setahun sehingga dalam setahun kamu tidak akan medapatkan notifikasi apa pun dari grup.

4. Ubah Nama Kamu dan Hapus Profil Foto Kamu

Metode selanjutnya, bagaimana cara keluar dari grup WhatsApp tanpa pemberitahuan. Kamu tidak perlu lagi mengubah nomor telepon atau memalsukan, kamu bisa meninggalkan grup secara permanen dan tidak akan meninggalkan pemberitahuan.

Kamu cukup ganti nama profil kamu dan hapus foto profil kamu. Untuk melakukan ini, kamu bisa masuk ke menu opsi (tiga titik di atas) dan ketuk pengaturan. Lalu ketuk lagi di nama profil kamu.

Setelah kamu mengubahnya masuk ke grup dan keluar secara normal. Tidak ada yang akan tahu kalau kamu sudah keluar karena orang lain tahunya itu bukan nomor kamu.

5. Nonaktifkan Notifikasi Grup

Ketika kamu sangat ingin meninggalkan grup WhatsApp tapi tak ingin orang lain tahu, notifikasi dinonaktifkan saja. Dengan itu, tidak ada yang tahu bahwa kamu meninggalkan utas.

Kamu juga akan terbebas dari stigma negatif karena tidak ada yang menyadarinya.

Untuk melakukan itu, pertama-tama buka menu pengaturan di ponsel kamu. Kemudian pilih aplikasi yang diinstal.

Setelah itu, pilih WhatsApp dan ketuk menu notifikasi. Masuk dan buka pemberitahuan grup.

Setelah itu, ada sakelar menampilkan tombol notifikasi untuk mematikan semua notifikasi. Terakhir, buka WhatsApp lalu masuk ke grup dan keluar saja.

6. Gunakan Aplikasi GroupXit

Metode lain untuk keluar dari grup WhatsApp dengan mudah dengan cara diam-diam adalah dengan pakai aplikasi GroupXit.

Namun, aplikasi cuma bisa di Android. Jadi, bagi kamu pengguna iOS tidak bisa pakai GroupXit.

Cara mengoperasikan GroupXit, kamu perlu unggah terlebih dahulu. Setelah itu, buat akun dan atur GroupXit sesuai keinginan - keluar dari group.

Setelah itu, kamu buka lagi grup WhatsApp. Jangan khawatir bisa diketahui kamu telah keluar dari grup karena tidak meninggalkan notifikasi. (Regendus)

VIDEO Samsung Galaxy A32 Hands-On Indonesia