6 Fitur Baru WhatsApp yang Akan Dirilis dalam Waktu Dekat

25 December 2018 - by

Dulu, sebelum smartphone muncul, pengguna ponsel menggunakan SMS atau telepon dengan pulsa untuk menghubungi orang lain. Tapi ketika perkembangan internet semakin maju, orang tidak lagi atau jarang sekali menggunakan SMS atau telepon dengan pulsa, melainkan dengan internet itu sendiri. 

Berbagai aplikasi chating menyediakan jasa telepon dan “SMS” tanpa pulsa, dan salah satu aplikasi chating yang paling banyak digemari dan digunakan saat ini ialah WhatsApp. 

Sadar aplikasinya semakin banyak diinstall oleh pengguna ponsel pintar, pengembang WhatsApp terus melakukan inovasi agar aplikasinya dapat konsisten bertahan bahkan agar semakin diminati masyarakat. 

Baru-baru ini kembali terdengar kabar bahwa WhatsApp sedang melakukan uji coba terhadap fitur-fitur baru yang nantinya akan diterapkan dalam aplikasi WhatsApp dalam waktu dekat. Kira-kira apa Saja ya fitur-fitur baru tersebut? Berikut adalah 6 fitur terbaru WhatsApp yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

1 Mode gelap di WhatsApp

Setelah YouTube dan Twitter menghadirkan mode gelap pada aplikasinya, fitur ini pun kini akan mulai digunakan pada Whatsapp. Mode gelap merupakan fitur yang mengubah tampilan pada aplikasi dari putih menjadi hitam.WABetaInfo mengatakan bahwa mode gelap tersebut kini sedang dalam pengembangan. Mungkin kedengarannya tidak berguna. Fitur ini terkesan biasa saja, namun dapat berfungsi mengehemat daya baterai dan agar lebih nyaman dilihat mata.

2 Memutar pesan suara berturut-turut

Berkirim pesan suara memang sangat efektif dilakukan ketika kita sedang sibuk sampai tidak sempat mengetik. Kini fitur pesan suara akan diupgrade oleh Whatsapp yang nantinya memungkinkan pengguna untuk memutar pesan secara berturut-turut.WABetaInfo menjelaskan bahwa fitur ini akan berfungsi ketika WhatsApp menerima dua atau lebih pesan suara. Pengguna hanya perlu mengeklik tombol "Putar" pada audio pertama, dan secara otomatis semua pesan suara lainnya akan memutar secara berurutan.

3 Media preview

Fitur media preview akan memudahkan pengguna untuk melihat kiriman gambar atau GIF langsung melalui WhatsApp tanpa perlu membuka aplikasi. Gambar atau GIF yang kamu terima, akan muncul pada bar notifikasi smartphonemu. Ketika kamu menerima pesan gambar atau GIF, kamu tidak perlu masuk ke aplikasi Whatsapp untuk melihatnya. Cukup geser panel notifikasi untuk melihat pesan yang telah dikirim. Fitur media preview ini masih dalam tahap uji coba.

4 Jalan pintas panggilan grup Whatsapp

Untuk melakukan panggilan grup di Whatsapp, kita harus memulainya dengan satu orang terlebih dahulu. Fitur ini yang akan memudahkan pengguna agar bisa langsung melakukan panggilan grup hanya dengan menekan satu tombol. Shortcut panggilan tersebut berada di sebelah nama grup dengan logo telepon dan '+'. Jika pengguna mengeklik tombol tersebut, maka lembaran dengan semua anggota grup akan terbuka. Kemudian pengguna tinggal mengeklik tombol panggilan audio atau video untuk memulai panggilan. 

5 Iklan di Whatsapp 

Kalau fitur-fitur lainnya memudahkan para pengguna Whatsapp, fitur yang satu ini justru tidak diharapkan hadir. Bahkan dikhawatirkan Whatsapp akan kehilangan banyak pengguna akibat fitur yang satu ini. Vice President WhatsApp, Chris Daniels, mengonfirmasi bahwa Whatsapp akan dijadikan tambang uang oleh Facebook. Menurutnya, WhatsApp akan menempatkan iklan di fitur Status Whatsapp yang mirip dengan Stories di Instagram.

6 QR Code

Fitur QR code sebagai cara praktis untuk berbagi nomor kini tengah di uji coba oleh Whatsapp. QR code ini sebenarnya sudah digunakan WhatsApp untuk layanan pesan di komputer desktop. Selain untuk berbagi nomor, pengguna juga bisa mencabut QR code untuk menghentikannya dibagikan tanpa persetujuan mereka.

//