6 Update Baru Android, Kini Lebih Aman!

26 February 2021 - by

Uzone.id – Google merilis update terbaru untuk Android yang terdiri dari sejumlah fitur yang sebagian besar berfokus pada keamanan dan efisiensi penggunaan.

Nah, berikut kami paparkan setidaknya 6 ftur baru Android yang sudah bisa kita nikmati:

1. Jaga keamanan akun anda dengan Password Checkup

Di Android, pengguna dapat menyimpan kata sandi yang disinkronisasi dengan akun Google. Pengguna tidak perlu agi mengetik setiap kata sandi karena sudah diisi secara otomatis pada kolom kata sandi oleh fitur Autofill.

Advertising
Advertising

Terkadang pengguna tidak sadar apabila kata sandi yang mereka gunakan telah terekspos ke pihak ketiga lain (pencurian password), maka Google mengintegrasikan Password Checkup pada perangkat yang menjalankan sistem Android 9 keatas.

2. Atur waktu pengiriman pesan di Message

Aplikasi bawaan Android, Message, memiliki fitur baru yaitu pengguna dapat mengatur kapan pesan pengguna dapat dikirim bagi perangkat yang menjalankan sistem Android 7 keatas.

Pesan dapat dijadwalkan untuk dikirim pada waktu yang pengguna tentukan.

3. TalkBack yang semakin mudah diakses

Bagi pengguna dengan disabilitas, versi TalkBack (software pembaca layar) telah diperbarui. Pengguna dapat menggunakan perangkat hanya dengan gerakan atau ucapan saja.

Pengenalan gerakan ini mempermudah pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi, meng­edit teks, menemukan bantuan, dan mengontrol media.

4. Makin hands-free dengan Google Assistant

Google Assistant dapat mengirim pesan, menelepon orang, mengatur alarm, dan memainkan musik tanpa pengguna harus membuka layar perangkat.

Pengguna hanya perlu berkata seperti “Hey Google, set an alarm” atau “Hey Google, play pop music on Spotify” dari jarak jauh.

5. Tema ”dark” pada Google Maps

Dark mode yang dinantikan banyak pengguna akhirnya hadir. Pengguna cukup pergi ke menu Settings, tekan pilihan Theme, lalu nyalakan mode ‘Always in Dark Theme” untuk menurunkan kecerahan layar.

6. Menyetir menjadi lebih menyenangkan bersama Android Audio

Android Auto dapat menampilkan shortcut yang memudahkan pengguna menyetir untuk memeriksa daftar kontak serta memanggil Google Assistant.

Untuk mobil dengan layar yang lebih lebar, Android Auto dapat pengguna atur agar menampilkan split screen.

Selain itu, Android Auto menambahkan permainan yang dapat dimainkan hanya menggunakan suara dan Google Assistant akan menjadi moderator. Contoh permainannya adalah Jeopardy.

VIDEO Unboxing Redmi 9T Seharga Rp2,39 Juta