7 Cara Efektif Marketing melalui WhatsApp!

29 November 2022 - by

Uzone.id - Tahukah Anda kalau ternyata kini Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai media pemasaran? Terlebih WhatsApp merupakan platform yang paling banyak digunakan, khususnya oleh masyarakat Indonesia.

 

Namun, bagaimana cara melakukan pemasaran di WhatsApp? Berikut adalah 7 (tujuh) cara marketing melalui WhatsApp yang perlu Anda coba!

Advertising
Advertising

1. Buat akun bisnis

Pertama, Anda harus membuat akun bisnis dengan nomor khusus untuk bisnis Anda. Dengan adanya akun bisnis, segala hal yang berkaitan dengan pelanggan akan lebih mudah terpantau. Artinya, pemasaran bisnis juga dapat berjalan dengan lebih efektif.

 

Agar lebih maksimal, Anda juga dapat meningkatkan akun Anda menjadi WhatsApp Business API, veri upgrade dari WhatsApp Business yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung bisnis.

2. Fokus pada target pasar

 

Kedua, tentukan target pasar yang Anda inginkan. Kelompokan prospek atau pelanggan berdasarkan aspek-aspek tertentu, seperti usia, pekerjaan, geografis, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Setengah Miliar Data WhatsApp Diduga Bocor, Ada Data Pengguna Indonesia

 

Informasi tersebut dapat memudahkan Anda untuk menentukan strategi pemasaran dan konten seperti apa yang tepat untuk target pasar Anda.

3. Buat konten berkualitas

Setelah menentukan target pasar, Anda perlu membuat konten pemasaran yang berkualitas. Sehingga dapat menjangkau calon pelanggan dan pelanggan Anda secara efektif.

 

Selain untuk menarik perhatian pelanggan, konten yang berkualitas juga dapat membuat mereka untuk bertransaksi dengan bisnis Anda.

4. Kirim pesan promosi secara berkala

Dalam upaya membangun engagement dan mengkonversi calon pelanggan, Anda perlu membagikan penawaran yang menarik melalui pesan siaran.

 

Gunakan fitur WA blast untuk menyebarkan pesan siaran secara mudah tanpa perlu menyimpan kontak pelanggan terlebih dahulu, begitu juga sebaliknya.

 

Jangan lupa untuk menggunakan cara komunikasi baik melalui teknik hypnoselling, hypno-writing, dan copywriting yang baik saat mengirimkan pesan.

5. Buat katalog produk

Baca juga: Selama 2022, Indonesia Alami 33 Kali Kebocoran Data

Katalog akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk apa saja yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Gunakan WhatsApp Chatbot untuk membagikan katalog pelanggan Anda.

 

Dengan begitu, pelanggan dapat langsung memilih produk yang dibutuhkan tanpa perlu membuka profil bisnis Anda terlebih dahulu. Cara menawarkan produk lewat WA ini, cukup efektif untuk meningkatkan penjualan karena kemudahannya.

6. Manfaatkan fitur WhatsApp secara maksimal

WA API memiliki beragam fitur canggih dan menarik yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan pemasaran bisnis Anda.

Misalnya seperti fitur seperti “Away Message”, “Greeting Message”, dan “Quick Replies” yang sangat bagus untuk mengamankan dan memelihara hubungan pelanggan Anda.

7. Sediakan customer support

Cara marketing di WhatsApp yang terakhir namun tak kalah penting adalah menyediakan customer support yang responsif. Hal ini untuk menjaga agar saat pelanggan bertanya bisa langsung mendapatkan respon dari customer support bisnis Anda.

 

Dalam hal ini, Anda juga bisa memanfaatkan fitur WhatsApp Chatbot untuk membantu menjawab permintaan pelanggan secara otomatis selama 24/7. Jadi, tidak ada lagi pelanggan yang akan merasa kecewa karena pesan yang tidak dijawab.

 

Itu dia tujuh cara marketing WhatsApp yang bisa Anda coba. Bagaimana, cukup mudah untuk dilakukan bukan?

 

Untuk memaksimalkan pemasaran bisnis dan terhindar dari kemungkinan terblokir, pastikan Anda menggunakan API WhatsApp resmi seperti BSP WhatsApp Mekari Qontak!