7 Penemu yang Membenci Penemuannya Sendiri

25 May 2019 - by

Sebuah ide yang keluar dari pikiran seseorang bisa menjadi sebuah penemuan baru yang hebat, namun sayangnya saat ide tersebut dikemukakan, bukan hanya sang penemu saja yang bisa mengolahnya, namun juga orang lain dengan niat yang berbeda-beda. Ada yang baik, sayang, namun juga ada yang buruk bagi orang lain.

Maka dari itu, sebenarnya banyak penemu yang berhasil mengubah kehidupan manusia, tapi tidak sedikit penemu yang menyesal dan bahkan tak jarang ada penemu yang membenci penemuannya sendiri.

Berikut 7 Penemu yang Membenci Hasil Penemuannya Sendiri

Lantas, siapa saja penemu yang menyesal dan membenci penemuannya sendiri? Berikut daftarnya.

Alfred Einstein dan J. Robert Oppenheimer.

www.kincir.com

Alfred Einstein dan J. Robert Oppenheimer masuk dalam penemu yang membenci hasil penemuannya. Mereka adalah sosok genius di balik terciptanya sebuah bom atom yang berhasil menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki tahun 1945 yang lalu.

Bom atom sebenarnya pertama kali diciptakan oleh Oppenheimer di Los Alamos Lab, dengan bantuan dari Einstein dari teori-teori geniusnya.

Sayang, Oppenheimer dan Einsten menghabiskan sisa hidupnya karena menyesali kontrak yang ditanda tangani dengan Presiden Amerika serikat kala itu, karena hasil penemuannya digunakkan untuk berperang dan memakan banyak korban jiwa.

Hal itu yang membuat mereka jadi penemu yang membenci hasil penemuannya sendiri.

 

Mikhail Kalashnikov.

www.usatoday.com

Mikhail Kalashnikov masuk dalam daftar penemu yang membenci hasil penemuannya. Mikhail adalah pencipta sebuah senjata legendaris, yaitu AK-47 yang memiliki damage besar, namun dengan harga yang murah. Para Gamers pasti sudah tahu dengan senjata yang satu ini.

Namun, hasil Mikhail ini menjadi sebuah penyesalan karena digunakan untuk peperangan selama Perang Dunia II. Bahkan, dirinya juga cukup lama hidup sebelum meninggal tahun 2014 yang lalu, untuk menyaksikan bagaimana hasil penemuannya disalahgunakan untuk peperangan yang terjadi hingga saat ini.

Apalagi senjata ini kerap diidentikkan dengan para teroris yang menggunakan senjata murah ini. Maka nggak heran, dirinya menjadi salah satu penemu yang membenci penemuannya sendiri.

Alfred Nobel.

www.scoopwhoop.com

Alfred Nobel pasti sudah tidak asing lagi, apalagi kamu yang menyukai bidang Fisika. Nama Nobel juga sering dikaitkan dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan bahkan perdamaian, salah satunya untuk menghormati sang penemu yang menyesal telah menciptakan sebuah penemuannya.

Nobel adalah sebuah insinyur yang akhirnya berhasil menemukan sebuah cara untuk meledakkan batu besar secara efisien, yang menggunakan bahan nitrogliserin dan silika untuk menciptakan sebuah benda bernama dinamit.

Dirinya pun menyesal telah menemukan dinamit, dan sebelum meninggal pun Nobel berkomitmen untuk menyumbangkan royaltinya dalam bentuk sumbangan dan hadiah bagi orang yang membawa pengaruh baik untuk dunia, sehingga dikenal sebagai Penghargaan Nobel hingga saat ini.

 

Ethan Zuckerman.

Kalau kamu suka kesal dengan iklan yang tiba-tiba muncul saat menggunakan internet, mungkin kamu bisa menyalahkan Ethan Zuckerman. Dirinya adalah penemu sistem iklan otomatis yang ada hingga saat ini.

Zuckerman, yang saat ini menjabat sebagai salah satu Kepala di Intitut Teknologi Massachusetts pernah mengirimkan sebuah esai kepada surat kabar The Atlantic, dan mengaku bertanggung jawab atas kekesalan orang terhadap iklan otomatis ciptaannya.

Hinga kini, dirinya menjadi salah satu penemu yang menyesal karena membuat kesal orang lain saat menggunakan internet.

Vincent Connare.

id.pinterest.com

Kalau kamu suka mengetik menggunakan Microsoft Office, maka nggak asing lagi dengan font Comic Sans. Yep, Comic Sans adalah salah satu font yang punya desain mirip dengan tulisan anak-anak atau ala buku komik pada umumnya.

Pada awalnya, Vincent Connare menciptakan font ini sebagai alternatif bagi font lain yang bergaya kaku, sebut saja Times New Roman.

Namun, sayangnya banyak orang yang tidak menyukainya, dan bahkan membenci font ini. Connare juga nggak menyangka penemuannya se-populer itu, sekaligus menyesali hasil penemuannya sendiri.

John Sylvan.

abc13.com

Penemu yang menyesal melihat hasil penemuannya sendiri adalah John Sylvan. Dirinya adalah penemu sebuah mesin yang bisa membuat kopi dalam bentuk kapsul.

Memang, kopi dalam bentuk kapsul sangat membantu terutama untuk mereka yang punya kesibukan. Meskipun membutuhkan sebuah mesin, nyatanya kopi kapsul jadi pilihan bagi mereka untuk menyegarkan mata setelah lelah bekerja.

Sayangnya, sang penemu John Sylvan menyesal telah menemukan kopi ini, dan bahkan dirinya dikenal sebagai salah satu penemu yang membenci penemuannya sendiri.

Dong Nguyen.

www.rollingstone.com

Siapa yang tidak kenal dengan Flappy Bird? Game ini tiba-tiba menjadi fenomenal karena sulit untuk dimainkan, bahkan oleh penemunya sendiri. Dong Nguyen, sang penemu tiba-tiba menjadi orang kaya karena pendapatan dari games yang dia ciptakan ini.

Sayangnya, uang tidak membuatnya bahagia. Dong Nguyen merasa menyesal menciptakan game ini, apalagi dirinya harus mendapatkan "teror" dari telepon, e-mail dan tweet tentang dirinya. Nggak heran kalau dirinya masuk dalam daftar penemu yang membenci penemuannya sendiri.

Itulah tadi 7 penemu yang membenci penemuannya sendiri. Bagi sebagian penemu, menemukan sesuatu yang baru dan berdampak baik bagi orang lain memang membahagiakan, namun tak jarang juga merasakan sebaliknya, ketika orang lain yang mengembangkannya tidak memiliki visi dan tujuan yang sama dengan dirinya.