Ada Masalah, Obrolan di WhatsApp Bisa Dicuri Hacker

20 November 2019 - by

WhatsApp (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Facebook mengakui bahwa mereka menemukan kerentanan di WhatsApp yang memungkinkan hacker mengambil kendali penuh ponsel dari jarak jauh.

Celah keamanan di WhatsApp ini memungkinkan hacker membuat file MP4 khusus dan mengirimkannya ke perangkat korbannya. Hal itu memungkinkan penyerang merusak data dalam RAM ponsel

Advertising
Advertising

Alhasil, seperti dikutip dari Tech Spot, hacker yang sukses memanfaatkan celah di WhatsApp itu berhasil mencuri pesan obrolan atau mengakses file dari jauh yang tersimpan di perangkat.

Baca juga: Kasih Nama Aneh di Group WhatsApp Bisa Diblokir

Beruntung, celah keamanan itu diam-diam ditambal oleh Facebook dalam pembaruan terbaru, jadi perlu diingat bahwa tidak boleh membuka file video mencurigakan  yang terima sampai Anda memastikan menjalankan versi terbaru.

Masalah ini memengaruhi iPhone yang menjalankan versi WhatsApp sebelum 2.19.100, versi Android sebelum 2.19.174, dan bahkan versi Windows Phone sebelum dan termasuk 2.18.368. Ada sekitar 10 juta orang yang menggunakan versi tersebut.

“WhatsApp sangat memperhatikan privasi pengguna dan kami terus bekerja untuk meningkatkan keamanan layanan. Kami membuat laporan publik tentang masalah potensial yang telah kami perbaiki konsisten,” ucap juru bicara Facebook.

Baca juga: Ini Cara Tolak Masuk Grup WhatsApp

“Perusahaan tidak menemukan bukti bahwa cacat tersebut telah dieksploitasi, tetapi itu tidak berarti bahwa tidak akan ada sekarang karena informasinya bersifat publik,” sebutnya.

Terlepas dari itu, saat ini Facebook berupaya menyatukan backend platform sosial dan perpesanan yang dimilikinya, sejumlah bug menunjukkan bahwa perusahaan masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan di bidang keamanan.

Apalagi sebelumnya, aplikasi Facebook ditabrak oleh bug yang membuka kamera secara diam-diam.

VIDEO HANDS-ON ASUS ZENFONE 6: