Akhirnya, Huawei Pamer OS Baru Penantang Android

10 August 2019 - by

(dok. The Verge)

Uzone.id -- Setelah berbulan-bulan dibikin penasaran, akhirnya Huawei mengumumkan kehadiran sistem operasi bikinannya sendiri yang diberi nama HarmonyOS.

Yup, sesuai kabar yang beredar selama ini, OS bikinan Huawei ini tentu saja tidak menggunakan Android dari Google. Malah, Harmony tujuannya untuk menggantikan Android.

HarmonyOS ini adalah nama globalnya, sedangkan untuk pasar China sebagai kampung halaman Huawei, OS ini disebut Hongmeng.

Baca juga: Harmony, OS Bikin Huawei Khusus untuk Eropa?

Huawei sendiri mengatakan, Harmony ini berbasis microkernel atau inti kernel yang paling dasar. Harmony dapat digunakan untuk berbagai perangkat, mulai dari ponsel pintar, speaker pintar, perangkat-perangkat wearable, hingga sistem di dalam kendaraan yang terhubung dengan internet.

Harmony akan dirilis sebagai platform open-source skala global.

“HarmonyOS sangat berbeda dari Android dan iOS karena memiliki kemampuan untuk diadopsi di berbagai jenis perangkat,” ucap CEO Consumer Business Group Huawei, Richard Yu.

Dia melanjutkan, “Anda bisa mengembangkan aplikasi-aplikasi lalu menyebarkannya ke perangkat lain yang berbeda.”

Baca juga: Huawei Siap Bye ke Android?

Sejak Huawei sempat masuk daftar hitam (blacklist) pemerintah Amerika Serikat dan dilarang menjalin kerja sama dengan perusahaan asal AS, kelanjutan penggunaan OS Android dari Google masih menjadi tanda tanya besar bagi produk Huawei di masa depan.

Meski sekarang Harmony telah secara resmi diperkenalkan, masih belum jelas nasib Android pada perangkat Huawei akan seperti apa -- apakah lambat laun akan digantikan dengan Harmony sepenuhnya atau tidak.

Yang jelas, Huawei merencanakan akan meluncurkan HarmonyOS pada “produk berlayar pintar” di akhir tahun ini. Tampaknya, HarmonyOS akan secara perdana hadir di TV pintar.

Setelah sekitar tiga tahun ke depan, baru Huawei akan mulai memperluas penggunaan Harmony di perangkat lain seperti wearable