Apa Sih Tantangan Perempuan Saat Terjun ke Dunia Startup?

02 November 2019 - by

Diskusi panel "Why We Need Women Leaders?" di kantor pusat Gojek, Jumat (1/11). (Foto: Dok. Gojek)

Uzone.id - Partisipasi perempuan di dunia startup memberikan dampak positif bagi perusahaan. Chief of Corporate Affairs Gojek, Nila Marita, memandang bahwa keterlibatan perempuan mendukung inovasi, kreativitas, dan produktivitas dalam startup.

Advertising
Advertising

Sayangnya, partisipasi perempuan khususnya di sektor teknologi dinilai masih tergolong sedikit. Hal ini berkaitan pula dengan beberapa tantangan yang harus dihadapi perempuan di dunia teknologi.

Baca juga: Gojek dan RedDoorz Jalin Kerja Sama, Suguhkan Banyak Promo Buat Traveler

SVP Product Management Gojek Dian Rosanti berpendapat bahwa para founder perempuan di dunia teknologi seringkali menghadapi lebih banyak tantangan dalam mengembangkan startup mereka dibandingkan founder laki-laki.

“Tidak hanya terkait stigma sosial tetapi juga kurangnya jejaring dukungan dan akses terbatas pada pendanaan,” ujar Dian dalam acara Gojek Xcelerate Batch 2 Latih 10 Startup dengan Pendiri Perempuan di kantor pusat Gojek, Jakarta, Jumat (1/11).

Sementara itu, upaya mengoptimalkan peran perempuan dalam industri teknologi saat ini sudah menjadi perhatian banyak pihak, termasuk perusahaan modal ventura.

Baca juga: Mengenal Istri co-CEO Gojek Kevin Aluwi, Turut Berkecimpung di Dunia Startup

Managing Partners Simona Ventures Putri Izzati pun menuturkan, "Sama seperti startup lainnya, tantangan terbesar bagi startup yang dipimpin perempuan tidak hanya masalah permodalan, tapi juga akses kepada kurikulum dan mentor untuk mengembangkan bisnis mereka.”

Lebih lanjut, ia mengatakan, “Apalagi, startup yang dipimpin perempuan masih sering dianggap sebelah mata, seperti hasil riset PitchBook Data yang menyebutkan sejak tahun 2016, perusahaan dengan pemimpin perempuan hanya berhasil mendapatkan 4.4% dari total penawaran modal ventura."