iPhone 12 Bakal Tertunda, Meluncur Akhir 2020

05 June 2020 - by

 

Uzone.id - Kemunculan produk baru Apple, seri iPhone 12 5G diperkirakan akan tertunda. Smartphon terbaru buatan Apple itu ditargetkan akan meluncur pada kuartal terakhir tahun ini.

Dilansir melalui PhoneArena, Jumat, 5 Juni 2020, peluncuran seri iPhone 12 sejatinya akan dilakukan pada kuartal ketiga tahun 2020. Namun pihak suplayer mengatakan bahwa hal tersebut kemungkinan tak akan terjadi dan akan tertunda pada beberapa bulan berikutnya.

Advertising
Advertising

Salah satu suplayer komponen pada perangkat iPhone, Broadcom, mengakui adanya penundaan pada siklus komponen yang digunakan pada smartphone Apple tersebut. Namun dalam sebuah konferensi, pihak Broadcom tidak mengatakan secara detil jika hal itu mengacu pada Apple. Alih-alih, sang CEO Broadcom, Hock Tan, menyebutnya sebagai perusahaan smartphone besar dari Amerika Utara.

Hock juga menjelaskan tentang dampak penundaan ini pada pendapatan perusahaannya. Menurut dia, pendapatan yang biasa yang diraih Broadcom selama kuartal yang sama setiap tahun akan didorong kembali pada kuartal berikutnya.

Apple biasanya memperkenalkan model iPhone terbaru setiap bulan September. Namun, wabah virus corona memaksa pemasok Apple untuk sementara menutup pabrik awal tahun ini, sehingga berakibat pada rantai pasokan.

"Kami ikut (dalam proyek iPhone 12), tapi pertanyaannya adalah waktu," ujar Hock yang secara tidak langsung memastikan jika iPhone 12 memakai komponen dari Broadcom. Perusahaan ini menyuplai chip untuk wi-fi dan bluetooth, bersamaan dengan chip radio-frequency yang menghubungkan iPhone dengan jaringan selular.

"Tahun ini, kami tidak berharap untuk melihat kenaikan pendapatan sampai kuartal fiskal keempat. Jadi, kami memprediksi, pendapatan nirkabel kami di Q3 akan turun secara bertahap," ujar Hock.

Apple diperkirakan akan meluncurkan empat iPhone 5G baru tahun ini termasuk iPhone 12 berukuran 5,4 inci, iPhone 12 Plus ukuran 6,1 inci, iPhone 12 Pro berukuran 6,1 inci, dan iPhone 12 Pro Max dengan ukuran 6,7 inci. Keempat ponsel akan dilengkapi dengan layar AMOLED sementara pada dua model Pro akan memiliki refresh rate 120Hz.

Di dalamnya juga dilengkapi dengan chipset Bionic A14 5nm dengan 15 miliar transistor yang diproduksi oleh TSMC. Kedua model standar diharapkan memiliki memori 4GB sementara unit Pro akan dilengkapi RAM 6GB.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah iPhone model terbaru akan memiliki tempat penyimpanan paling rendah sebesar 128GB, bukan 64GB.

IPhone 12 dan iPhone 12 Plus harus dilengkapi dengan kamera Wide dan Ultra-wide dan sensor kedalaman LiDor untuk membuat depth sensor lebih canggih, termasuk kemampuan AR yang lebih mumpuni. IPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max akan memiliki susunan kamera yang serupa tetapi dengan tambahan sensor telephoto. Keempat ponsel juga akan memiliki dukungan untuk sinyal sub-6GHz dan mmWave 5G.