Apple Akan Bangun Pusat Riset di Indonesia

02 November 2016 - by

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan Apple Inc., perusahaan teknologi asal California Amerika Serikat, akan membuat pusat riset dan pengembangan teknologi di Indonesia. Rudiantara menyatakan Apple saat ini tengah melakukan upaya pengurusan perizinan atas pembangunan pusat riset tersebut.

"Rencananya tahun 2017 akan mulai diimplementasikan," kata Rudiantara usai membuka Acara BRI Indocomtech 2016 di Jakarta Convention Center, Senayan, Rabu 2 November 2016.

Ia mengatakan sehubungan dengan pembangunan pusat riset ini beberapa Kementerian akan terlibat langsung dengan inveatasi yang dilakukan oleh Apple. Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian akan terlibat dalam pembangunan pusat riset milik Apple

"Kita harus bangga, perusahaan sekelas Apple membuat riset and developmentnya di Indonesia terbesar kedua di dunia," kata dia. Pusat riset yang akan dibangun Apple ini kabarnya akan menjadi pusat riset terbesar kedua yang dimiliki Apple setelah Brazil.

Rudiantara memastikan pusat riset ini akan dibangun dan berjalan di Indonesia, karena jika tidak memenuhi janji tersebut Apple akan terkena larangan berdagang di Indonesia.

Ia mengatakan sebelumnya perwakilan Apple dari Asia Pacific dan California telah mendatangi Indonesia. "Mereka menyatakan sudah mencari tempat, mencari lokasi-lokasi alternatif," kata Rudiantara

Rudiantara berharap pusat riset Apple ini nantinya tidak hanya dibangun di Jakarta ataupun di Pulau Jawa. Ia berharap pembangunan pusat riset ini diharapkan dapat dibangun dengan melihat Indonesia secara keseluruhan dan tidak hanya berpusat di pulau tertentu seperti Jawa.

Pembangunan Pusat Riset Apple berkaitan dengan aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri dalam produk teknologi ponsel pintar. Pemerintah Indonesia mewajibkan produsen ponsel pintar untuk membuat perangkatnya dengan kandungan tingkat komponen lokal, sebagai upaya pengembangan industri lokal.

MAYA NAWANGWULAN

Berita Terkait: