Apple Akui Bikin iPhone Melambat, Ini Penyebabnya

22 December 2017 - by

Apple mengakui perlambatan beberapa handset iPhone yang lebih tua dilakukan untuk melindungi baterai yang menua. Raksasa teknologi tersebut mengonfirmasikan bahwa ia memperkenalkan fitur ke sistem operasi iOS-nya tahun lalu yang mengelola kinerja pada iPhone 6, 6s dan SE untuk membantu menghemat masa pakai baterai, yang berkurang seiring berjalannya waktu.

Banyak teoretikus konspirasi kutu buku telah mengklaim bahwa perusahaan membatasi perangkat yang lebih tua untuk mendorong pengguna melakukan pembaruan. Namun, Apple mengatakan bahwa fitur ini dimaksudkan untuk memperpanjang umur produknya.

"Tujuan kami adalah memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, yang mencakup keseluruhan kinerja dan memperpanjang umur perangkat mereka," katanya dalam sebuah pernyataan.

Baterai lithium-ion menjadi kurang mampu memasok permintaan arus puncak saat berada dalam kondisi dingin, memiliki muatan baterai rendah atau seiring bertambahnya usia, yang dapat menyebabkan perangkat secara tiba-tiba mematikan untuk melindungi komponen elektroniknya.

"Tahun lalu kami merilis sebuah fitur untuk iPhone 6, iPhone 6s dan iPhone SE untuk memperlancar puncak seketika hanya jika diperlukan untuk mencegah agar perangkat tidak mati secara mendadak selama kondisi ini. Kami sekarang telah memperluas fitur itu ke iPhone 7 dengan iOS 11.2, dan berencana menambahkan dukungan untuk produk lain di masa depan," tuturnya.

Fitur tersebut dikonfirmasi setelah pengguna iPhone 6s memasang gambar tes kinerja ke forum web Reddit, yang menunjukkan peningkatan skor kinerja patokan telepon mereka setelah baterai diganti. Apple mengatakan, fitur ini hanya diaplikasikan pada kasus suhu ekstrim tinggi atau rendah, charge rendah atau baterai yang sudah tua dan dirancang untuk melindungi komponen internal ponsel. [Metro]