Apple Bakal Hentikan Servis MacBook dan iPhone Lama

31 May 2017 - by

Apple akan mengucapkan selamat tinggal pada produk-produk lamanya. Ya, mereka akan menghentikan servis juga perbaikan untuk berbagai produk lama di toko ditel Apple dan penyedia jasa servis resmi pihak ketiga.

Dalam sebuah dokumen internal, disebutkan produk-produk yang akan dihentikan oleh layanan perbaikannya adalah produk-produk lama dari lini MacBook Air, MacBook Pro, AirPort Express, dan iPhone akan menjadi 'barang usang' mulai 30 Juni.

Untuk MacBook Air, model yang akan terdampak kebijakan ini adalah MacBook Air (11 inci, pertengahan 2011) dan MacBook Air (13 inci, pertengahan 2011). Model tahun 2011 dengan ukuran 13, 15, dan 17 inci juga dihentikan layanan perbaikannya, termasuk MacBook Pro ukuran 17 inci pertengahan 2009.

Selain produk-produk tersebut, Apple juga akan mematikan dukungan terhadap AirPort Express generasi pertama 802.11n. Model ini pertama kali diperkenalkan pada 2008 dengan desain seperti stop kontak tembok.

iPhone 3GS ikut menjadi produk yang siap ditinggalkan Apple, baik untuk versi 16 GB dan 32 GB. Ponsel yang dirilis pada 2009 ini adalah iPhone generasi ketiga.

Biasanya, Apple tidak akan memberitahu konsumen mengenai produk-produk yang menjadi usang ini, selain dari daftar yang mereka keluarkan di situsnya dan dokumen internal.

Apple tampak mulai melakukan transisi untuk berhenti mendukung suatu produk setiap 5 sampai 7 tahun pasca proses manufaktur dihentikan. Dalam periode itu, bagian-bagian produk dan perbaikannya akan semakin sulit untuk ditemukan. Setelah suatu perangkat dicap sebagai 'produk usang' oleh Apple, maka pengguna tidak bisa lagi melakukan perbaikan lewat toko resmi Apple.

Sebelumnya, Apple juga sudah menghentikan layanan perbaikan untuk beberapa model MacBook Pro, MacBook, dan Mac Mini pada November lalu.