Apple Buat Fitur Untuk Kurangi Kecanduan Smartphone

04 June 2018 - by

Apple akan mengurangi penggunaan smartphone penggunanya. Hal ini dilakukan lewat software baru yang akan diumumkan pada gelaran World Wide Developer's Conference (WWDC) yang akan digelar minggu ini.

Hal ini dilakukan Apple untuk menciptakan kehidupan digital yang lebih sehat. Apalagi belakangan ini publik banyak menggunjingkan terkait kecanduan teknologi dan sifatnya yang membahayakan privasi.

Hal ini sejalan dengan apa yang akan dilakukan Google. Sebelumnya, Google juga sempat menyebut bahwa perusahaannya akan mengurangi waktu penggunaan ponsel para penggunanya. Meski demikian, keputusan Apple ini mengundang sejumlah kritik dari para pemegang saham.

Lihat juga:
Google Akan Buat Fitur Atasi Kecanduan 'Gadget'

Apple juga diperkirakan akan mengeluarkan fitur pengendalian orang tua dan pelacakan pemakaian untuk iPhone.

Selain fitur-fitur sehat digital ini, WWDC juga diharapkan akan memperkenalkan fitur augmented reality (AR). Berlawanan dengan inisiatif pertama, bisa jadi fitur ini malah akan menambah ketagihan pada ponsel.

Fitur AR ini akan akan menjadi bagian dari iOS versi baru yang akan diumumkan. Sistem operasi baru ini diperkirakan akan menggunakan nama iOS 12.

Lihat juga:
Instagram Siapkan Fitur Pendeteksi Kecanduan Medsos
Laporan lain yang belum dikonfirmasi menyebut kalau Apple tengah membuat headset AR yang rencananya akan meluncur pada 2020, tulis Fortune

Selain peluncuran sistem operasi dan software baru, WWDC kali ini juga diperkirakan akan mengumumkan serangkaian Macbook dan iMac anyar. Sejumlah smartphone seperti iPhone SE 2, iPad Pro, dan pengisi daya nirkanel Apple AirPower diperkirakan juga akan diluncurkan, seperti disebutkan CNET

Berita Terkait