Apple Incar Kabupaten Tangerang Sebagai Pusat Riset di Indonesia

13 February 2017 - by

Apple masih mencari lahan untuk dijadikan lokasi pusat riset dan pengembangannya di Indonesia, Menurut Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Apple incar Kabupaten Tangerang, Banten.

"Apple masih mencari lokasi (pusat riset dan pengembangan). Kata mereka, sih, di Kabupaten Tangerang, Banten," ungkap Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan belum lama ini di Jakarta.

Seperti diberitakan suara.com sebelumnya, Apple telah berkomitmen menanamkan modal sekitar 44 juta dolar AS atau Rp586,25 miliar untuk mendirikan pusat riset dan pengembangan di Tanah Air. Hal itu dilakukan dalam rangka memenuhi regulasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) untuk ponsel pintar 4G.

Peraturan itu mewajibkan ponsel-ponsel pintar 4G memenuhi TKDN minimal 30 persen per Januari 2017. TKDN minimal tersebut bisa dilakukan lewat jalur hardware, software, atau komitmen investasi.

"Mereka sudah bisa menjual (iPhone) di Indonesia, tapi lewat jalur TKDN investasi. Ada pembatasan harga dan volume," ucap Putu.

Kemenperin, lanjut Putu, meminta Apple merealisasikan janji investasi mereka secepatnya. "Kami maunya dari tahun lalu, tapi mereka selalu bilang masih belajar lokasi terus. Kita minta secepatnya."

 

Berita Terkait: