Apple Kepincut Bikin Headset Game VR dan Kacamata Pintar

12 November 2019 - by

(Logo Apple. Foto: Photo Medhat Dawoud / Unsplash)

Uzone.id — Raksasa teknologi Apple kabarnya tengah mengembangkan perangkat virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) secara mandiri untuk gaming.

Advertising
Advertising

Dari sumber terdekat Apple, perangkat VR dan AR ini akan dibekali sistem sensor 3D baru. 

Semua berawal dari rencana peluncuran iPad Pro baru pada 2020 yang akan mengusung modul baru dengan dua sensor kamera. Gunanya agar pengguna bisa membuat rekonstruksi tiga dimensi seperti ruangan, objek, dan manusia. Apple juga berencana menambahkan sensor itu ke iPhone anyar di 2020.

Lantas apa hubungannya dengan perangkat headset VR dan AR?

Baca juga: 5 Hal Menarik dari 'Ponsel Murah' Apple, iPhone SE 2

Jadi, Apple ingin merilis headset yang mengombinasikan VR dan AR dengan fokus game, nonton video, dan meeting virtual. Rencana ini bakal direalisasikan pada 2021 atau 2022. 

CEO Apple Tim Cook sejak lama tertarik mengembangkan teknologi VR dan AR, dan… Cook ingin membawa teknologi ini menjadi pusat bisnis perusahaan selanjutnya setelah produk hardware seperti iPhone, iPad, dan Apple Watch. 

Maka, sistem sensor 3D ini diproyeksikan akan menjadi pusat bisnis Apple selanjutnya.

Apple menargetkan, teknologi ini bisa lebih canggih ketimbang sensor Face ID pada produk iPhone.

Selain perangkat headset VR dan AR yang bisa digunakan untuk game dan hiburan lain, Apple juga berencana mengembangkan kacamata AR berbobot ringan pada awal tahun 2023. Jadi, perangkat yang sekiranya akan dijual Apple gak cuma headset, tapi juga kacamata pintar.

Baca juga: 'KW Apple Watch' dari Xiaomi Dirilis, Harganya?

Khusus teknologi AR, Apple merasa konsep ini dapat membantu pengguna dalam mencari dan mendapatkan informasi dengan lebih nyata, mulai dari teks tulisan, hingga arah jalan di aplikasi peta.

Mengutip Bloomberg, tim teknisi Apple yang selama ini bekerja untuk iPhone dan iPad telah bekerja untuk menghubungkan fitur software dan aplikasi-aplikasi vital untuk sistem operasi baru yang diberi nama “rOS”. Belum resmi sih namanya, tapi rOS ini rencananya akan menjadi fondasi perangkat pintar saat ini agar bisa terhubung dengan headset dan kacamata di masa depan.

Tim teknisi teknologi AR dan VR Apple ini disebut-sebut terdiri dari 1.000 orang dan dipimpin oleh Vice President Mike Rockwell.

Kabarnya, jika perangkat pintar headset dan kacamata Apple ini dirilis, mereka akan tergabung di dalam segmen perangkat wearable seperti halnya Watch, AirPods, dan headphone Beats.